65 Tenaga Kesehatan Ikuti ESQ


Jumat, 22 April 2016 - 03:46:51 WIB

PASAMAN,HALUAN — Di­nas Kesehatan Pasaman me­ningkatkan peranan medis dalam pelayanan ke ma­sya­rakat melalui training ESQ. Training ini diikuti oleh 65 tenaga kesehatan di gedung Syamsiar Taib Lubuk Sika­ping, Selasa (19/4) lalu.

Peserta terdiri dari, tenaga medis, perawat, dan tenaga administrasi. Selain me­ning­katkan perananan medis da­lam meningkatkan pelayan kepada masyarakat, training ini juga dalam rangka jelang akreditasi tahun 2018.

“ESQ ini meningkatkan pelayan kesehatan bagi pega­wai Puskesmas untuk ma­syarakat Pasaman. Serta me­wujudkan Sumber Daya Ma­nusia (SDM) tenaga kese­hatan yang mampu menjadi pelaksana kebijakan publik dan pelayanan publik,” ung­kap Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas kesehatan Pasaman Ridwan, Selasa 19 April 2016.

Ia mengatakan, petugas kesehatan juga harus memiliki kejerdasan otak, emosional dan spiritual. “Yang tiga itu harus dimiliki oleh tenaga kesehatan. Pelayan tidak ha­nya pandai mengobati pasien, namun juga harus memahami kondisi dan perasaan pasien yang berobat, sehingga tercipta kepuasan bagi yang dilayani maupun yang melayani,” katanya.

Sementara itu, ESQ Lider ship Center Jakarta melalui koordinator ESQ Wilayah Sumatera bagian Tengah (wila­yah Sumbar, Riau, dan Kepri), Lukman menegaskan acara ESQ ini dipandu oleh Trainer Saprianto, dan Asisten trainer Otmil.

Menurutnya, tujuan kegi­atan ESQ ini untuk mem­bangun karakter, menanam­kan nilai nilai uni­versal seperti disiplin, ke­jujuran, tanggung jawab, dan nilai- nilai luhur lainnya.

Di sisi lain, Sekda Pasa­man, A. Syafei mengatakan, Pemkab Pasaman menjadikan sektor kesehatan sebagai pri­oritas pembangunan disam­ping sektor pendidikan dan peningkatan ekonomi ma­syarakat.

“Berbagai upaya telah dilaksanakan pemda seperti pembangunan sarana kese­hatan baik untuk pelayanan kesehatan dasar seperti pus­kes­mas, puskesmas pembantu, polindes, dan pelayanan kese­hatan rujukan di rumah sakit tuturnya.

Dijelaskannya, saat ini Kabupaten Pasaman memiliki 16 unit Puskesmas yang terdiri dari 9 puskesmas non rawatan dan 7 puskesmas perawatan, puskesmas pembantu 48 unit dan Polindes sebanyak 119 unit, serta 1 unit RSUD.  (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]