Pacu Kuda Digelar 7-8 Mei


Jumat, 22 April 2016 - 03:52:28 WIB

SOLOK, HALUAN — Kota Solok menggelar iven wisata terbesar di Sumatera Barat dalam bentuk pacu kuda. Helat olahraga tradisional di Ranah Minang itu meru­pakan salah satu kalender 3 tahunan bagi Kota Solok melalui Persatuan berkuda seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Solok.

Kepala Dinas pemuda olahraga parawisata Kota Solok Dusral yang dihu­bungi Haluan awal pekan lalu mengakui jika Kota Solok tahun 2016 mendapat giliran pelaksanaan pacu kuda, sesuai hasil rapat pengurus Pordasi dan Pem­da Kota Solok, helat anak nagari itu dilaksanakan 2 hari Sabtu dan Minggu (7-8 Mei).

Bagi Kota Solok, pelak­sanaan pacu kuda meru­pakan momentum dalam meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan na­sional ke Kota Solok, apa­lagi lokasi pacu kuda berada pada kawasan parawisata yang menjadi andalan sela­ma ini. Momentum pacu kuda bisa memperkenalkan potensi wisata Kota Solok yang saat ini terus dibenahi.

Banyak manfaat bagi Kota Solok digelarnya iven tingkat Sumatera Barat itu, selain memancing masya­rakat untuk datang ber­wisata ke Kota Solok juga bisa mempromosikan pro­duk unggulan Kota Solok di sektor home industri.

Kata Dusral, iven pacu kuda yang masih tetap dige­mari masyarakat, masih tetap dipertahankan. Apala­gi Kota Solok memiliki gelanggang pacu kuda yang terletak 2 Km dari pasar Solok arah Utara. Potensi lapangan yang dimiliki me­ja­dikan Kota Solok sebagai tuan rumah setiap 3 tahun sekali. Bersamaan dengan itu masyarakat sekitar ge­langgang pacuan bisa me­manfaatkan orang yang da­tang sebagai peluang eko­nomi baginya.

“Karena pacu kuda si­fat­nya alek nagari, Kota Solok sengaja tidak mencari profit. Orang yang datang menyaksikan pacu kuda tidak dipungut bayaran. Kegiatan pacu kuda didu­kung dengan dana APBD Kota Solok,” beber Dusral.(h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Maret 2019 - 12:32:37 WIB
    PEMBANGUNAN KOTA PARIAMAN BERGERAK DARI DESA

    Genius : Kami Berpacu untuk Jadi Nomor Satu

    Genius : Kami Berpacu untuk Jadi Nomor Satu PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Kembali ke desa menjadi momen penting memacu perkembangan sektor pembangunan fisik dan non-fisik. Sokongan dana desa untuk desa-desa di Kota Pariaman diyakini dapat mewujudkan cita-cita tersebut, .
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:37:55 WIB

    Alek Pacu Kuda Payakumbuh 2018 'Balabo'

    Alek Pacu Kuda Payakumbuh 2018 'Balabo' PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pelaksanan Alek Pacu Kuda Payakumbuh Open Race dan Tradisional 2018 usai sudah. Iven tahunan yang digelar 4-5 Februari di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang itu sukses meraih puluhan ribu kunjun.
  • Ahad, 02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Selasa, 25 April 2017 - 01:33:37 WIB

    Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan

    Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan BATUSANGKAR, HALUAN - Alek Nagari Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar merupakan peninggalan sejarah dari nenek moyang yang kini terus berkembang secara turun temurun dan semakin diminati banyak wasatawan..
  • Ahad, 29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]