SKB Absen Gelar Ujian Paket B dan C


Jumat, 22 April 2016 - 03:52:52 WIB

SOLOK, HALUAN — Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Solok absen melak­sanakan ujian paket B dan C sejak 3 tahun terakhir ini, absennya melaksanakan kegi­atan itu menunjukan masyarakat Kota Solok hampir tidak ada yang putus sekolah dan mereka yang wajib belajar memiliki ijazah sesuai tingkat pendidikan.

“Kita bersyukur di Kota Solok generasi mudanya rata-rata tamatan SLTA dan mengantongi ijazah sesuai program Pemda Kota Solok wajib belajar 12 tahun. Kalaupun ada yang tidak punya ijazah SLTA, parsen­tasenya sangat sedikit sekali, itupun  sudah dewasa,” jelas Kepala SKB Kota Solok Ernurizal menjawab Haluan di Kota Solok Kamis (21/4).

Untuk memperoleh data tentang genera­si muda yang tidak punya ijazah, SKB mengumumkan melalui selebaran, spanduk dan iklan dimedia elektrobik, namun hasilnya nihil, ini menunjukan tidak ada peminat untuk mengikuti ujian paket B maupun paket C. Terakhir SKB Kota Solok mengadakan ujian paket C tahun 2013, itupun jumlahnya 15 orang. Kalaupun masih ada yang membutuhkan ijazah paket C sudah banyak ditampung oleh Pusat Ke­giatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kota Solok.

Kendati absen melaksanakan ujian paket B dan C namun SKB Kota Solok tiap tahun terus melatih generasi muda yang produktif dengan bermacam keterampilan, mulai dari menjahit, outomotif, salon kecantikan, tata rias dan aneka aksesoris. Pelatihan itu dilaksanakan selama 2 minggu dibawah bimbingan instruktur yang terpercaya.

Dari bermacam pelatihan yang dilak­sanakan itu, rata-rata diikuti 15 sampai 20 orang, peminat untuk mengikuti pelatihan di Kota Solok masih tinggi. Hal itu dikare­nakan generasi muda Kota Solok setelah tamat sekolah banyak merantau. Di rantau mereka butuh skill sebagai bekal baginya masuk bursa kerja.

Hanya bermodalkan sertifikat yang dikeluarkan SKB Kota Solok, nilai jual lulusan keterampilan dari SKB diterima di perusahaan-perusahaan di Indonesia mau­pun perusahaan asing. Makanya tiap tahun SKB Kota Solok tetap melaksanakan program pelatihan sesuai pangsa pasar. (h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 20:50:28 WIB

    Positif Covid-19, Pelajar di Dharmasraya Ini Dikarantina di SKB Pulau Punjung

    Positif Covid-19, Pelajar di Dharmasraya Ini Dikarantina di SKB Pulau Punjung Setelah dinyatakan positif Covid-19 hasil swab test, SR, laki laki warga Koto Tuo, Kecamatan Sitiung dijemput oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 ke rumahnya untuk diantarkan ke SKB Pulau Punjung guna melakukan karantina..
  • Rabu, 05 Desember 2018 - 10:38:03 WIB

    Ujian SKB CPNS Mentawai Mulai 10 Desember

    Ujian SKB CPNS Mentawai Mulai 10 Desember MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai telah resmi mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS melalui perengkingan, sekaligus mengumumkan jadwal ujia.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 02:28:55 WIB

    Disdik dan SKB Berbenah Jelang Peringatan HAI ke-51

    Pasaman, Haluan — Dalam meng­hadapi puncak Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51 yang rencananya akan dipu­satkan di Kabupaten Pasaman Barat, Bidang Paudni Disdik Pasaman dan SKB Pasaman terus berbenah dan mem­persiap­k.
  • Jumat, 22 April 2016 - 03:55:11 WIB

    Pembangunan Gedung Serba Guna SKB Terkatung-katung

    Pembangunan Gedung Serba Guna SKB Terkatung-katung SOLOK, HALUAN — Pem­bangunan gedung ser­baguna Sanggar Kegi­atan Belajar (SKB) Kota Solok di Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Ha­rapan kini terkatung-ka­tung, karena tidak lagi dia­lo­kasikan anggaran untuk pen.
  • Rabu, 13 April 2016 - 02:29:47 WIB

    SKB Gelar Pelatihan Tata Busana Level II

    PARIAMAN, HALUAN — Pelatihan Tata Busana Level II yang dilaksanakan Sang­gar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Pariaman, bertujuan untuk menciptakan generasi terampil di bidang ran­ca­ngan busana sekaligus men­jahit busana,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]