Terminal Bareh Solok Bisa Jadi Pusat Perdagangan


Jumat, 22 April 2016 - 03:53:21 WIB

SOLOK, HALUAN — Ka­wasan terminal Bareh So­lok bisa berkembang me­n­ja­di sentral perekonomian. Asal­kan kawasan itu dikem­bangkan menjadi pusat per­dagangan dan jasa yang lebih maju melalui pemba­ngunan pusat pertokoan dan jasa lainnya.

“Saat ini, Pasar Raya Solok makin sempit akibat banyaknya aktivitas per­dagang, mulai dari peda­gang kaki lima sampai yang punya pertokoan. Tidak hanya itu, persoalan parkir yang sempit juga mem­per­buruk posisi pasar. Pemda Kota Solok tidak ada pili­han dan harus mengem­bangkan pasar ke kawasan terminal,” terang Kepala Dinas Pe­muda Olahraga dan Para­wisata Kota Solok Dusral menjawab Haluan di Kota Solok Senin lalu.

Jika kawasan terminal sudah ramai dengan akti­vitas perdagangan dan jasa, tanpa diperintahkan ang­kutan pedesaan maupun antar kota dalam provinsi sudah masuk terminal Ba­reh Solok.

Kecemasan ten­tang sepinya terminal Ba­reh Solok dari aktivitas bongkar muat bisa teratasi sendiri karena kebutuhan masyarakat sudah banyak berada di Terminal Bareh Solok.

Langkah awal, tentu membuat master plan Ter­minal Bareh Solok, menata areal yang ada dan men­singkronkan dengan ter­minal Bareh Solok. Ter­minal Bareh Solok tetap dipertahankan sebagai ciri suatu kota perlintasan. Ha­nya saja bagaimana menata kawasan terminal itu agar sejengkal tanah punya arti untuk bisnis.

Dalam rapat koor­dina­si, masalah terminal Bareh Solok juga diapungkan se­hingga terminal itu tidak sia-sia dikemudian hari, terminal harus tetap eksis sebagai salah satu sumber pendapatan daerah, hanya saja di sekeliling terminal dibangun pertokoan dan dijadikan pusat grosir ber­bagai kebutuhan masya­rakat.

“Kita menginginkan, penduduk di daerah pe­nyangga Kota Solok bisa berbelanja ke Kota Solok tanpa harus ke Bukittinggi dan Kota Padang. Di Kota beras bisa menyediakan berbagai kebutuhan ma­sya­rakat dengan harga terjang­kau,” terang Dusral. (h/alf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 September 2016 - 01:44:35 WIB

    Terminal Bareh Solok Dikelola Kemenhub

    Terminal Bareh Solok Dikelola Kemenhub SOLOK, HALUAN — Terminal Bareh Solok secara administerasi, pengelolaannya sudah diserahkan pada Kementerian Perhubungan sesuai dengan peraturan pemerintah yang sudah dikeluarkan setahun lalu..
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 05:23:14 WIB

    Arus Mudik Lebaran di Terminal Jati Masih Stabil

    PARIAMAN, HALUAN — Kondisi arus mudik lebaran di terminal Jati Pariaman, tampak masih belum terlihat. Situasi pada peron kedatangan, maupun keberangkatan masih tampak lengang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]