Pembangunan Gedung Serba Guna SKB Terkatung-katung


Jumat, 22 April 2016 - 03:55:11 WIB
Pembangunan Gedung Serba Guna SKB Terkatung-katung Pembangunan gedung serbaguna SKB Kota Solok terkatung-katung dan entah kapan dituntaskan. Bangunan itu sudah dimulai sejak 2010 lalu. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Pem­bangunan gedung ser­baguna Sanggar Kegi­atan Belajar (SKB) Kota Solok di Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Ha­rapan kini terkatung-ka­tung, karena tidak lagi dia­lo­kasikan anggaran untuk penyelesaiannya. Padahal bangunan itu sudah meng­habiskan dana Rp1,5 mi­liar.

Bangunan yang berdiri di pinggir jalan utama Nan Balimo-Ampang Kualo, berhadapan dengan gedung SKB itu sepertinya tidak bertuan. Karena beberapa jendela sudah copot, begitu juga pekarangan gedung tidak terurus sama sekali. Investasi yang ditanam se­per­tinya sia-sia saja, pada hal gedung serba guna itu dibangun awalnya untuk kegiatan pertemuan mau­pun kegiatan kemasya­ra­katan lainnya.

Dari pantauan Haluan di lokasi Kamis (21/4) ter­lihat bangunan setinggi lebih kurang 10 meter itu memiki kerangka yang sa­ngat bagus dan terjamin, hanya saja karena tidak tuntas, sebagian jendela sudah copot, begitu juga pentilasi terkelupas. Jika dilihat dari pinggir jalan, bangunan itu seperti sarang walet.

Sementara pada bagian dalam ruangan juga sangat mengkuatirkan karena lan­tai belum siap, namun dari pada mubazir, ruangan itu dimanfaat sebagai fasilitas olahraga karate dan juga arena bulu tangkis.

Kepala SKB Kota Solok Ernurizal yang dihubungi  Haluan mengakui kalau gedung serba guna itu ter­katung-katung sejak 5 ta­hun lalu, bangunan itu mu­lai didirikan tahun 2010 dengan mengalokasikan dana Rp1,5 miliar dari AP­BD Kota Solok. Setelah setahun dibangun tak lagi dilanjutkan pada hal ba­ngunan baru siap 70 %.

Tahun 2013 lanjutnya, Wakil Walikota Solok wak­tu itu Zul Elfian pernah meninjau bangunan dan memerintahkan Bappeda  merencanakan melan­jutkan pembangunannya, “Setelah Pak Wakil datang meninjau bangunan, besok­nya saya dipanggil Bappeda Kota Solok menjelaskan kondisi bangunan. Waktu itu ada kemungkinan untuk dilanjutkan, namun entah bagaimana, sampai seka­rang tak ada lagi kabar berita,” jelas Ernurizal.

Pada hal gedung serba guna itu sangat strategis untuk rapat-rapat dan me­nam­pung kegiatan daerah, karena kapasitas gedung mencapai 300 orang. Areal parkir juga sangat memadai dan jauh dari kebisingan knalpot kendaraan.(h/alf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]