Menpora Apresiasi Siswa Peneliti Luar Angkasa


Jumat, 22 April 2016 - 04:00:14 WIB

JAKARTA, HALUAN —Ke­men­teri­an Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan apre­siasi dan penghargaan kepada siswa SMA yang telah mengi­rim­kan hasil penelitian ilmiah ke luar angkasa lewat Badan An­tariksa Nasional Amerika Serikat (NASA).

Penghargaan diberikan ka­rena mereka telah menunjukkan prestasi internasional dan mem­buat bangga Bangsa Indonesia.

Deputi Pemberdayaan Pe­muda Kemenpora, Chandra Wi­jaya yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, menyampaikan apre­siasi dan penghargaan tersebut kepada para siswa SMA itu ber­sama profesor JW Sapotro.

“Pemerintah sangat menga­pre­siasi dan memberikan support kepada JW Sapotro serta para siswa SMA yang mengirimkan hasil penelitian ilmiahnya via NASA. Kalian semua hebat, Indonesia kembali mencoretkan tinta emas di tingkat inter­nasio­nal. Dan itu sangat mem­bangga­kan” tutur Chandra yang di­dam­pingi Staf Ahli Jhony Mardizal dan Asisten Deputi I Alman Hudri dan Djunaedi di Kantor Kemenpora, Senayan, Senin (18/4) siang.

Chandra Wijaya menyatakan bahwa Kemenpora akan mem­bantu semaksimal mungkin un­tuk apa yang dibutuhkan oleh para siswa sekalian.

“Kami atas nama Ke­men­terian Pemuda dan Olahraga, siap untuk membantu apapun yang kalian butuhkan sesuai dengan kemampuan kami. Semua itu adalah wujud dari apresiasi kami kepada kalian yang telah mem­buat bangga Bangsa Indonesia” ucap Chandra.

Seperti diketahui, dua perang­kat eksperimen siswa Indonesia dibawa pesawat tanpa awak NA­SA pada akhir Maret lalu adalah penelitian pertama dari tim siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggul Del di Laguboti, Suma­tera Utara, mempelajari pertum­buhan ragi di luar angkasa.

Kemudian, eksperimen ke­dua mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa yang meru­pakan penelitian tim siswa ga­bung­an beberapa SMA di Jakarta, Bandung (Jawa Barat), dan Jaya­pura (Papua).

“Pada tahun 2030, NASA akan mengirimkan manusia ke planet MARS. Perjalanan dari bumi menuju mars mem­butuh­kan waktu selama 7 bulan. Nah, bagaimana cara agar para astronot tersebut mendapatkan suplai makanannya tanpa menunggu kiriman makanan dari bumi? Itu adalah maksud dan tujuan pe­nelitian ini” tutur salah satu perwakilan siswa. (h/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]