Agam Tunda Pembangunan PPI Senilai Rp19 Miliar


Jumat, 22 April 2016 - 04:01:59 WIB

LUBUK BASUNG, HALUAN — Pemkab Agam menunda pembangunan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) senilai Rp19,4 miliar pada 2016 di Tiku.

“Penundaan pembangunan PPI ini ber­dasarkan rekomendasi dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumbar dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V be­berapa bulan lalu,” kata Kepala Dinas Ke­lautan dan Perikanan Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Kamis (21/4).

Dalam rekomendasi itu, PSDA dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V menyarankan untuk membangun pemecah ombak dengan kedalaman sekitar 6,5 meter, agar bangunan itu tahan arus.

Sementara dari perencanaan semula yang dibuat pada 2013, pemecah ombak bagian kanan dibangung dengan kedalaman empat meter, panjang 468 meter dan pemecah ombak bagian kiri sepanjang 40 meter .

Dengan cara ini, dana sebesar Rp19,4 miliar itu hanya bisa membangun pemecah ombak bagian kanan sepanjang 320 meter.

Sementara pemecah ombak bagian kiri dengan panjang 40 meter tidak bisa dibangun akibat dana tidak mencukupi.

“Apabila kami paksakan untuk mem­bangunnya, maka kolam labuh akan di­penuhi pasir dan kita takut pada tahun depan tidak dianggarkan dana untuk pem­bangunan PPI tersebut, setelah wewenang pembangunan PPI ini dialihkan ke Pro­vinsi Sumbar sesuai dengan Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pe­merintah Daerah. Kebijakan ini mulai berlaku pada Oktober 2017,” jabarnya.

Untuk itu, dana sebesar Rp19,4 miliar ini akan dikembalikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah karena dana tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus In­fra­struktur Publik Daerah dari pemerintah pusat pada 2016.

Namun pihaknya telah mengajukan ke Pemprov Sumbar dan telah di masuk saat musyawarah perencanaan pembangunan Sumbar 2017.

“Kami berharap pembangunan PPI ini akan dilakukan pada 2017, sehingga kapal milik nelayan di Tiku bisa berlindung dari gelombang,” tegasnya. (h/ans)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 12:59:09 WIB

    Dua Pekan Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Terpantau Stabil di Agam

    Dua Pekan Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Terpantau Stabil di Agam HARIANHALUAN.COM - Dua pekan jelang Idul Adha 1441 Hijriah, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar Inpres Lubuk Basung, Kabupaten Agam masih stabil. “Kemaren kita lakukan cek lapangan, kita temui harga sejumlah komoditi te.
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 14:16:48 WIB

    H-6 Lebaran Harga Sembako di Pasar Tradisional Agam Bervariasi, Ini Rinciannya

    H-6 Lebaran Harga Sembako di Pasar Tradisional Agam Bervariasi, Ini Rinciannya HARIANHALUAN.COM - Enam hari jelang perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah, sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Agam mulai mengalami kenaikan, namun beberapa komoditas masih relatif stabil..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:39:29 WIB

    700 Siswa di Padang Hadiri Smart Consultation Primagama

    700 Siswa di Padang Hadiri Smart Consultation Primagama PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 700 an siswa Se-Kota Padang mengikuti kegiatan seminar ekslusif Smart Consultation Primagama yang bertema membongkar kunci sukses SNMPTN 2020, Minggu (27/10) bertempat di Gedung Auditorium.
  • Ahad, 21 April 2019 - 16:00:04 WIB

    Harga Kebutuhan Pokok di Agam Turun

    Harga Kebutuhan Pokok di Agam Turun AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Agam, mengalami penurunan sejak beberapa minggu menjelang puasa Ramadan 1440 hijriah..
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 10:49:05 WIB

    Budi Daya Sereh Wangi di Agam Menjanjikan

    Budi Daya Sereh Wangi di Agam Menjanjikan AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Usaha budi daya sereh wangi menjanjikan. Alasannya, minyak sereh wangi banyak dibutuhkan kalangan industri. Harganya bagus, dan tidak membutuhkan teknologi yang rumit dalam proses produksi..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]