Inacraft 2016 di Jakarta

18 Daerah di Sumbar Pamerkan Kerajinan Tekstil


Jumat, 22 April 2016 - 04:05:43 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ke­cuali Kabupaten Kepulauan Mentawai, semua daerah di Sumatera Barat (Sumbar) memamerkan kerajinan tek­s­til di Inacraft 2016 di Ja­karta. Melalui pameran kerajinan terbesar di In­donesia, Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar ber­harap kerajinan tekstil asal Sumbar semakin dikenal pasar nasional dan inter­nasional, apalagi tema Ina­craft kali ini mengusung kemegahan kebudayaan Mi­nangkabau.

Plt. Kepala Dinas Kope­ra­si dan UMKM Sumbar, Zir­ma Yusri mengatakan, ke­rajinan tekstil dari 18 da­erah yang dipamerkan ter­sebut antara lain baju dan ka­in. Kerajinan tersebut me­rupakan kerajinan khas da­erah masing-masing, se­perti songket Silungkang, tenun Pandai Sikek, tenung Ung­gan, dan sulaman ba­ya­ngan.

Kerajinan tekstil dari Sumbar tersebut, kata Zir­ma yang berada di Jakarta Con­vention Center, lokasi Ina­craft 2016, Kamis (21/4), tam­pak ramai dilihat dan dibeli oleh pengunjung yang me­ngunjungi stan di masing-ma­sing daerah. Pihaknya akan menghitung omzet se­tiap pelaku UMKM dan stan dari Sumbar yang di­da­pat­kan dari pameran ter­se­but, setelah Inacraft bera­khir.

Mengenai Pemkab Men­tawai yang tak membawa kerajinan tekstil ke Inacraft, menurut Zirma, karena ke­ra­jinan tekstil belum men­jadi kerajinan yang menon­jol di daerah itu. Di Inacraft 2016, Pemkab Mentawai membawa kerajinan akse­soris yang merupakan kera­jinan spesifik daerah itu.

Selain membawa kera­ji­nan tekstil, kata Zirma, pe­la­ku UMKM yang kebe­rang­­katannya dibiayai oleh Pem­da masing-masing da­e­rah itu juga membawa ke­ra­ji­nan aksesoris dan maka­nan.

Zirma yakin, pelaku UM­KM yang membawa kar­ya mereka di Inacraft 2016 itu akan mendapat mitra setelah kegiatan itu berakhir. Dengan demikian, ia berharap pelaku UMKM di Sumbar meningkatkan jenis dan kualitas produk.

Ia menambahkan, pi­hak­nya melihat bahwa kini pelaku UMKM di Sumbar lebih bergairah, bahkan agresif. Banyak pelaku UM­KM yang bertanya kepada Dinas Koperasi dan UMKM tentang ada atau tidaknya pameran, baik dalam daerah maupun luar daerah. Saking semangatnya ikut pameran untuk mempromosikan kar­ya, ada pelaku UMKM yang tidak meminta apa-apa ke­pa­da dinas bersangkutan, kecuali difasilitasi saja stan di pameran.

Inacraft 2016 dilak­sana­kan mulai 20 higga 24 April 2016. Pameran ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pameran kerajinan terbesar Indonesia ini di­ikuti oleh lebih dari 1.400 peserta perusahaan kera­jinan baik produsen dan eksportir dari 34 provinsi di Indonesia yang menempati 1.333 gerai.

Pada pameran kali ini jumlah peserta individu meningkat hingga 849 stan dan 359 stan dinas, BUMN 117 stan dan delapan stan peserta luar negeri dari Singapura, Jepang, Pakis­tan, Nepal, India dan Syria.

Bertema “From Smart Village to Global Market”, Inacraft berusaha mem­fasilitasi produk-produk kerajinan Indonesia agar naik ke jenjang lebih tinggi dan mengangkat derajat produk kerajinan Indonesia. (h/dib)  

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Juli 2020 - 16:36:45 WIB

    Laris Manis di Tengah Corona, Surat Utang Pemerintah Diborong Hingga Rp 18 T

    Laris Manis di Tengah Corona, Surat Utang Pemerintah Diborong Hingga Rp 18 T HARIANHALUAN.COM - Surat berharga negara (SBN) ritel yaitu obligasi negara ritel seri ORI017 laris terjual hingga Rp 18 triliun di tengah pandemi COVID-19. Surat utang tersebut dijual sejak 15 Juni 2020..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 12:06:25 WIB

    Bakal Merger, Saham BRI Syariah Naik 18 Persen

    Bakal Merger, Saham BRI Syariah Naik 18 Persen HARIANHALUAN.COM - Saham emiten PT Bank BRI Syariah Tbk naik 18,24 persen pada pembukaan perdagangan Senin (6/7). Kenaikan itu dipicu wacana merger bank-bank syariah anak usaha BUMN oleh Kementerian BUMN..
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 16:26:02 WIB

    Meski Penjualan di Masa PSBB, Market Share Daihatsu Naik Jadi 18,2%

    Meski Penjualan di Masa PSBB, Market Share Daihatsu Naik Jadi 18,2% HarianHaluan.com - Pandemi Covid-19 yang mewabah secara global termasuk di Indonesia, serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus membuat penjualan mobil, khususnya Daihatsu me.
  • Jumat, 17 April 2020 - 17:29:13 WIB

    Tumbang! 180 Tenaga Kerja di Payakumbuh Terdampak Covid-19

    Tumbang! 180 Tenaga Kerja di Payakumbuh Terdampak Covid-19 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Payakumbuh sampai saat ini mencatat ada 180 tenaga kerja di daerah ini yang terdampak akibat Corona..
  • Kamis, 02 April 2020 - 10:55:49 WIB

    Harga Emas Naik Lagi ke Rp918 Ribu

    Harga Emas Naik Lagi ke Rp918 Ribu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp918 ribu per gram pada Kamis (2/4) atau naik Rp7.000 dibandingkan Rp911 ribu per gram kemarin..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]