Dipamerkan di Innagraft Expo Jakarta

Songket Halaban Merambah ke Tingkat Nasional


Jumat, 22 April 2016 - 04:19:50 WIB
Songket Halaban Merambah ke Tingkat Nasional Jajaran Dinas Koperindag Kabupaten Limapuluh Kota memperagakan produksi tenun Kubang dan Songket Halaban dalam Innaaraft Epo 2016 di Jakarta.

LIMAPULUH KOTA, Haluan — Potensi kerajinan di Kabupaten Limapuluh Kota sudah mulai merambah ke tingkat nasional. Untuk itu, produk industri kerajinan yang terus berkembang ini perlu dijaga dan dilestarikan, sehingga bisa menjadi aset nasional.

Besarnya potensi Limapuluh Kota dibidang kerajinan ini, menjadikan Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Koperasi, UKM bersama Dekranasda Limapuluh Kota ikut ambil bagian dalam Pameran Inacraft The 18 th Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair Inacraft 2016 yang berlangsung (19 -24/4) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Stan Pameran perajin tenun Kubang dan Lareh Sago Halaban, ini sempat ditinjau Bupati Irfendi Arbi yang di dampingi Kabag Humas dan Protokol Muhammad dan beberapa staf usai mengikuti upacara pem­bukaan. Sebe­lumnya juga dikunjungi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny.­Monalisa Irfendi Arbi dan wakilnya Ny. Eka Ferizal Ridwan yang disambut Kepala Dinas Koperindag UKM Yunire.

Kadis Koperindag Limapuluh Kota, Yunire mengaku bangga bisa ikut pameran yang cukup bergengsi dan banyak diperebutkan oleh perajin seluruh Indonesia ini. Pihaknya berharap agar Limapuluh Kota, selalu diikutkan agar bisa mempromosikan produk yang diciptakan.

Selain sebagai ajang promosi juga bisa banyak bisa berkomunikasi dengan para peminat kerajinan dari berbagai daerah sehingga semakin dikenal.

Dalam pame­ran kali ini, Kabupaten Limapuluh Kota menampilkan kerajinan tenun kubang dan songket Halaban. Antusias p­engun­jung ternyata cukup membanggakan dengan keberadaan stan songket Halaban Kabupaten Limapuluh Kota ini.

Bupati Irfendi Arbi, mengatakan, Limapuluh Kota bangga mendapat kesempatan tampil di acara pameran yang dihadiri dari perajin dari berbagi wilayah Indonesia bahkan manca negara. Selain itu, para perajin Limapuluh Kota di bawah pembinaan Dinas Koprrindag dan UKM ini akan selalu meningkatkan mutu dengan penuh inovasi sehinggga dapat bersaing dan menarik pangsa pasar. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 September 2019 - 16:28:15 WIB

    Songket Silungkang Berpeluang Diakui UNESCO

    Songket Silungkang Berpeluang Diakui UNESCO SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Memiliki label Warisan Budaya Takbenda (WBTb) nasional dan sertifikat Indikasi Geografis (IG), songket Silungkang Sawahlunto diyakini berpeluang besar menjadi nominator WBTb yang diakui UNESCO..
  • Ahad, 08 September 2019 - 16:36:18 WIB

    Keren!!, Songket Silungkang Kini Sudah Bersertifikat IG

    Keren!!, Songket Silungkang Kini Sudah Bersertifikat IG SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Ada yang berbeda dengan ajang Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnaval (SISSCa), yang digelar Minggu (8/9). Kain tenun buah karya tangan terampil warga Silungkang itu, kini resmi dia.
  • Jumat, 06 September 2019 - 21:52:31 WIB

    SISSCa akan Rilis Songket Silungkang Pewarna Alami

    SISSCa akan Rilis Songket Silungkang Pewarna Alami SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Ajang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) juga akan merilis produk kerajinan songket berbahan pewarna celup alami, dengan produk yang semakin berkualitas..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 13:54:23 WIB

    Berdayakan Asset Pasar Songket, Sawahlunto Boyong Investor

    Berdayakan Asset Pasar Songket, Sawahlunto Boyong Investor SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Empat tahun tidak mendapat lirikan berarti dari pedagang, Pasar Songket yang berdiri megah di kawasan Simpang Muaro Kelaban Sawahlunto, kini ditawarkan ke pihak ketiga untuk dikelola dan dikemb.
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:26:38 WIB
    SAWAHLUNTO INTERNATIONAL SONGKET CARNAVAL 2016

    Pelangi Songket Pemersatu Peradaban Dunia

    Pelangi Songket Pemersatu Peradaban Dunia SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak kurang dari 1500 peserta kelompok dan per­orangan tampil dalam Sa­wahlunto International Song­ket Carnaval (SISCa) 2016. Arak-arakan pawai yang membelah ‘kota tua’ itu, menyedot perhatian p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]