Gelar Lomba Antar Jorong

Nagari Lubuk Malako Kenang Jasa Kartini


Jumat, 22 April 2016 - 04:20:55 WIB

SOLSEL,HALUAN — Masyarakat Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan  rupanya sangat menghargai dan mengenang jasa pah­lawan. Betapa tidak. selain melakukan tero­bosan membuat buku histori atau sejarah nagari, bahkan dalam memperingati hari Karti­ni, Kamis, (21/4)  digelar bergai lomba antar  jorong.

Melalui tim penggerak PKK Nagari menggelar lom­ba senam dan fashion show pakaian nasional. Iven terse­but digelar di parkiran Pasar Banca Kampeh. Dengan di­ikuti oleh tujuh jorong. “Un­tuk senam tiap jorong masing-masing melibatkan enam orang, sedangkan untuk fashion show dua orang per­jorong,” kata Ketua TP PKK Lubuk Malako, Delpi Yunisa kepada Haluan.

Menurutnya, kegiatan ini un­tuk mengenang perjuangan Kartini, bahwa wanita Indo­ne­sia juga ikut andil mem­per­juang­kan kemerdekaan. Selain itu, emansipasi wanita adalah tempat untuk mem­bentuk watak dan karakter bangsa.

Ia menyebutkan, dengan lomba senam dan fashion show ini merupakan salah satu gera­kan positif menghadirkan wani­ta pada posisi yang di­bang­ga­kan. “Jadi wanita saat ini sama derajatnya dengan pria, tidak semata mengurus dapur, sumur dan kasur tapi bisa layaknya kaum pria,” tambahnya.

Karena sejatinya lanjut­nya, senam adalah pola hidup sehat sehingga mampu untuk melayani dan mengayomi keluarga ataupun masyarakat. Fashionshow sejatinya men­cer­minkan bisa tampil cantik, berdandan, bergaya dan mera­wat diri adalah bentuk mem­pertahankan kehidupan yang damai dan rukun dalam ke­luarga. Karena dengan pe­nam­pilan yang menawan akan mengikat hati untuk tidak mendua bagi pasangannya.

Sementara Walinagari Lu­buk Malako, Riono Pendri menyatakan kegiatan yang digagas para kartini nagari tersebut merupakan bentuk menghargai jasa serta me­ngenang pahlawan bangsa. “Semoga iven tidak hanya sebagai seremonial belaka tapi bisa menjadi motivasi bagi kaum perempuan yang ada di nagari ini. Dizaman ser­ba sulit Kartini mampu menghadang, apalagi di era saat ini semua serba canggih harusnya bisa lebih baik,” katanya.

Sementara seorang peserta yang ikut lomba senam, Yuni mengakui jika Kartini meru­pakan sosok yang meng­inspi­rasinya. Sehingga berkat eman­sipasi dan tekad akan persamaan derajat antara pria dan wanita sekarang wanita beranak dua itu tidak hanya berharap penghasilan suami untuk ekonomi keluarga. “Alhamdulilah, usaha ruma­han yang saya kerjakan sudah bisa memberdayakan orang­lain dan bisa menghasilkan masukan keuangan bagi keluarga kendati tidak terlalu banyak,” tutupnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]