DEDM Diperbaharui

Pembangunan Pelabuhan Tiku Tertunda


Jumat, 22 April 2016 - 04:22:20 WIB

Agam, Haluan — Rencana Pembangunan Pelabuhan Tiku di Kecamatan Tanjung Mutia­ra pada tahun 2016 besar kemungkinan tertunda.

Pasalnya, Detail Engine­ering Design Masterplan (DE­DM) yang telah dibuat beberapa tahun lalu harus diperbarui. Apabila tidak Dinas PSDA Sumbar dan Balai Wilayah V tidak ber­sedia memberi rekomendasi pembangunan kolam labuh kapal tersebut.

Pembangunan pela­bu­han Tiku sangat penting bagi nelayan , tanpa adanya kolam labuh kapal nelayan rentan diterjang ombak saat nelayan tidak melaut. Untuk tahap awal direncanakan dibangun kolam labuh. Ka­bar tersebut sudah menjadi perbincangan bagi nelayan di lapau-lapau sehingga harapan mereka memiliki pelabuhan kembali me­ngu­ap.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam,  Ermanto, Kamis (21/4) mengatakan, PSDA belum mengeluarkan reko­mendasi terhadap ren­ca­nan pembangunan kolam labuh. Salah satu ken­da­lanya ada­lah harus diperbaharuinya master plan. PSDA Sumbar me­nyarankan harus dilaku­kan review secara kom­pere­hensif terhadap master­plan.  “Kami harus melakukan terlebih dahulu pem­baruan serta review sesuai saran pemberi rekomendasi PS­DA Sumbar. Review DID dan masterplan diharapkan bisa selesai dengan cepat. Apabila tidak tuntas 2017 pembangunan akan di ambil alih oleh provinsi,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya optimis pembangunan pe­labuhan perikanan di Tiku bisa terwujud walaupun se­cara bertahap. Sebab keber­daan pelabuhan Tiku sangat penting bagi para nelayan, sebagai pelindung kapal mereka, serta mendorong sektor perikanan laut mau­pun perekonomian.

Dikatakan Ermanto, pa­da masa jayanya alat tang­kap nelayan, berupa bagan, kapal mencapai sekitar 250 unit, kini jumlahnya sudah sangat menurun. Penyu­sutan tersebut akibat ba­nyaknya kapal yang teng­gelam di hantam ombak saat berlabuh. Oleh sebab itu nelayan Tiku sangat men­dambakan sebuah pela­bu­han perikanan yang bisa mengamankan alat tangkap mereka.

Rencana pembangunan pelabuhan di Tiku sudah di mulai Bupati Agam dijabat Drs. H. Aristo Munandar.  (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]