Pasar Ulak Karang Sekarang Lengang


Jumat, 22 April 2016 - 04:27:15 WIB
Pasar Ulak Karang Sekarang Lengang PASAR Ulak Karang.

PADANG, HALUAN — Ter­letak di tempat yang strategis ternyata tidak membuat Pasar Ulak Karang ramai dikun­jungi orang. Tak banyak ter­nyata pengunjung yang datang kesana untuk berbelanja.

Masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di Pasar Pagi yang keberadaannya tidak jauh dari pasar tersebut.

Pasar ini sebenarnya terli­hat bersih dan rapi. Prasa­rananya pun lengkap sesuai dengan kebutuhan pasar-pasar lain pada umumnya.

Kepala UPTD Pasar Ulak Karang Wendi Purnama me­ngakui kalau sarana dan pra­sa­rana pasar sudah lengkap dengan kebutuhan pasar. “Ka­mi telah memiliki musala, wc umum dan kontainer sampah, “ katanya pada Haluan, Kamis (21/4).

Namun dikatakannya, se­ka­rang yang menjadi kendala adalah kekurangan tenaga kebersihan, karena tenaga kebersihan pasar itu sudah meninggal beberapa waktu lalu. “Sekarang hanya tinggal satu orang tenaga kebersihan disini,” ungkapnya.

Pedagang buah-buahan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dia selalu berjualan di pasar seti­ap hari, mulai dari pagi sampai sore. Tetapi, usahanya terse­but susah untuk membuahkan hasil yang menguntungkan.

“Terkadang kami banyak bermenung di pasar ini karna memang pasar sangat sepi. Sejak tahun 2009 pasar ini mulai terasa sepi, apalagi kampus Universitas Bung Hatta sekarang sudah dipin­dahkan ke Aia Pacah. Ten­tunya mahasiswa sudah tidak banyak lagi belanja di pasar ini,” akunya kepada Haluan.

Jumlah pedagang yang ada di pasar ini sebanyak 77 orang, yang terdiri dari peda­gang kios 39 orang, pedagang petak batu 20, pedagang petak ikan 6 dan pedagang kaki lima 12 orang.

Selanjutnya, Wendi meng­ungkapkan kalau Pasar Ulak Karang pada tahun 2016 ini sedang dalam perencanaan pembangunan, dengan inves­tor salah satu perusahaan yang ada di Jakarta.

“Pasar ini akan dibangun dengan dua tipe, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Bentuk desain dari pasar yang akan dibangun nanti adalah tingkat dua, mudah-mudahan apa yang sudah terencana dapat terlaksana dengan ce­pat,” tuturnya. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]