Ada 74 Ribu UMKM di Padang


Jumat, 22 April 2016 - 04:29:02 WIB
Ada 74 Ribu UMKM di Padang USAHA rotan di Kota Padang. Saat ini ada lebih dari 74 ribu UMKM di Kota Padang.

PADANG, HALUAN—Data dari Dinas Koperasi dan UM­KM Kota Padang, saat ini ada sebanyak 702 koperasi dan 74 ribu lebih UMKM di Padang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman pada Haluan, Ka­mis (21/4) mengatakan, untuk koperasi pembinan terus dila­kukan sehingga koperasi yang ada bisa berkembang.

“Pembinaan yang dila­kukan tidak hanya kepada koperasi syariah namun juga terhadap koperasi konve­sional yang ada, sehingga pencatatan/pembukuan ko­perasi lebih tersistem dan transparan,” tambahnya. 

Sedangkan untuk UMKM, Yunisman menyampaikan, Dinas UMKM dan Koperasi Padang mengupayakan pe­num­buhan UMKM dengan melakukan pemetaan di 104 kelurahan yang ada di Kota Padang. 

“Dengan pemetaan terse­but, kita akan mendapatkan gambaran sehingga kita bisa memberikan bantuan yang sesuai dengan potensi masing-masing agar lebih mudah untuk berkembang nantinya,” ungkapnya lagi.

Dikatakan dia lagi, Din­kop dan UMKM mendorong  UMKM yang ada agar me­reka bisa membentuk ke­lompok. Berdasarkan kelom­pok tersebut nantinya akan lebih mudah dalam mem­berikan bantuan yang sesuai dengan yang dibu­tuhkan.

“Dari kelompok tersebut, nantinya akan lahir banyak komunitas UMKM dian­tara­nya seperti komunitas usaha kuliner, jasa, perikanan, perta­nian dan lainnya,” tutur Yu­nis­man lebih jauh lagi.

Terkait MEA (Masaya­rakat ekomomi asean) Yu­nisman menjelaskan, Dinas UMKM dan Koperasi akan berupaya meningkatkan kuali­tas dan kuantitas produk.

“Sebisa mungkin kita akan mengupayakan untuk men­dorong para pelaku UMKM untuk meningkatkan pro­duknya dengan memberikan pelatihan agar SDM juga meningkat,” tutur dia lagi.

Yunisman menekankan, perlunya menanamkan cinta produksi dalm negeri ter­hadap segenap elemen bangsa untuk menghadapi MEA.

“Meski dibanjiri produk asing, selagi kita cinta pro­duksi dalam negeri,  maka tidak akan ada masalah ka­rena tetap produk dalam negeri yang akan jadi tuan rumah di negeri sendiri,” pungkas Yunisman. (h/mg-ysn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]