Tahap Pertama Rp2,6 Miliar

Dana PKH Dicairkan 15-25 April


Jumat, 22 April 2016 - 04:32:26 WIB

PADANG, HALUAN — Dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama  dicairkan mulai 15-25 April 2016 ini. Sebanyak 5.098 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kota Padang terdaftar sebagai penerima.

Dana PKH tahap per­tama sebesar total Rp2,6 Miliar tersebut diterima oleh ibu hamil, balita dan pelajar mulai dari SD sam­pai SMA hingga anak pra sekolah. Bantuan berkisar dari Rp612 ribu hingga Rp­1.350.­000.

Kabid Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Apedisnita pada Haluan, Kamis (21/4) me­ngat­akan, pencairan dana PKH sedikit tertunda kare­na keterlambatan penya­luran dari pusat ke Dinsos.

“Jadwal sebenarnya pa­da Maret 2016 kemarin. Namun, kita belum bisa menyalurkan karena dana PKH untuk semester satu ini terlambat dikirim oleh pe­merintah pusat,” terang Apedisnita.

Ia juga mengatakan, Di­nas Sosial akan memberikan perpanjangan waktu kepada penerima bantuan PKH apabila tidak sempat meng­a­mbil dana PKH di kantor pos hingga  25 April 2016.

“Jika sampai 25 April 2016 ada penerima yang tidak sempat mengambil dana PKH ke kantor pos, diberikan kelonggaran asal­kan mereka melapor ke Dinsos terlebih dahulu agar didampingi pendamping PKH,” ujarnya.

Dijelaskannya, besarnya bantuan yang diterima oleh masing-masing KSM ini beragam. Si penerima akan dibagi berdasarkan jumlah tanggungan keluarga mere­ka.

Pembagian kriteria se­per­ti jumlah anak dibawah umur yang masih ditang­gung, jumlah anak yang masih bersekolah, ibu hamil, dan ada anggota keluarga yang hidup cacat maupun lumpuh.

Ia juga memanggil kepa­da penerima bantuan yang belum mengambil dana PK­H untuk segera datang ke kantor pos terdekat dan mengambil dana bantuan ini.

“Pasalnya, jika telah ma­suk waktu pencairan semes­ter 2 pada bulan Juni 2016 mendatang, maka dana PKH semester satu ini akan hangus dan tidak bisa dica­irkan lagi. (h/mg-ang/mg-ysn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]