Walikota Padang Berjanji

Rekomendasi LKPJ Diteruskan ke SKPD


Jumat, 22 April 2016 - 04:33:29 WIB
Rekomendasi LKPJ Diteruskan ke SKPD

PADANG, HALUAN — Untuk lebih baiknya penyelenggaraan pemerintahan Kota Padang ke depan, Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah berjanji akan meneruskan rekomendasi LKPJ tahun 2015 pada masing-masing SKPD terkait.

“Rekomendasi LKPJ yang telah disampaikan DP­RD akan kita jadikan ma­sukan untuk lebih baiknya pelaksanaan pembangunan daerah. Apa yang menjadi catatan akan kita jadikan sebagai rujukan untuk ba­han evaluasi,” sebut Mah­yeldi.

Terkait ini, setelah di­sam­paikan dalam rapat pari­purna DPRD yang ber­lang­sung Rabu (20/4),  reko­men­dasi atas laporan Ke­terangan Pertang­gung­jawa­ban (LKPJ) Walikota Pa­dang  tahun 2015  dilan­jutkan dengan penyampaian pada walikota Padang. Pe­nyam­paian rekomendasi terhadap pada walikota di­lak­sanakan pada Kamis (21/4) kemarin.

Wakil Ketua DPRD Pa­dang, Wahyu Iramana Putra menyebut, rekomendasi LK­PJ tadi diharapkan bisa menjadi  bahan evaluasi untuk lebih baiknya penye­lenggaraan pemerintah da­erah ke depan.

“Berdasarkan pem­baha­san yang telah dilakukan Pansus, sejumlah SKPD diberi sejumlah catatan atau rekomendasi. Dengan ada­nya rekomendasi ini, diha­rapkan ke depan SKPD yang ada bisa memperbaiki kinerja dan menunjukkan prestasi yang lebih baik,” sebut Wahyu.

Sebagai contoh, kata­nya,  Sat Pol PP yang men­da­pat 8 rekomendasi  dari Pansus I DPRD, dalam me­lak­sanakan tugas diha­rap­kan tak hanya semata mela­kukan penangkapan saja. Namun  juga mesti berani melakukan penindakan ter­hadap pemilik tempat-tem­pat mesum yang menyalahi aturan atau Perda yang ada.

“Begitu juga untuk SK­PD yang lain, diharapkan kinerja mereka bisa sesuai dengan yang diharapkan,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Anggota DPRD Padang dari Fraksi PAN, Faisal Nasir menga­takan, dengan disam­paikan­nya LKPJ sejumlah SKPD harus berbenah. 

Salah satunya adalah  Dinas Pasar, pada pe­nyam­paikan LKPJ oleh wakil walikota beberapa waktu lalu, sebut dia, serapan ang­garan Dinas Pasar tak sam­pai pada angka 50 persen. Selanjutnya, Dispenda di­nilai juga belum mampu manjalankan tugas dan fung­si mereka dengan mak­simal.

“Itu dibuktikan dengan masih banyaknya tempat-tempat usaha, atau hotel yang menunggak dalam hal pembayaran pajak,” ulas Faisal Nasir.

Mengatasi persoalan ma­sih belum maksimalnya kinerja SKPD ini, Faisal Nasir menyarankan, wali­kota agar bisa menem­pat­kan bawahannya sesuai de­ngan kemampuan yang ada. Dengan kata lain mereka yang ditunjuk mengisi suatu jabatan hendaknya memang yang berkompeten di bi­dangnya.

“Jika pejabat yang ditun­juk mengisi suatu jabatan  tak mampu melaksanakan fungsi dan tugas mereka dengan baik, evaluasi  atau ganti saja dengan yang lebih kompeten. Jika itu tak  dilakukan, penyelenggaraan pemerintahan yang baik  seperti yang diharapkan akan sulit terwujud,” tandas Faisal.  (h/len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]