Dilaporkan Lecehkan Dokter

Oknum Anggota DPRD Diperiksa


Jumat, 22 April 2016 - 04:45:24 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN – Cucuran keringat membasahi pakaian seorang oknum anggota DPRD Dharmasraya, Zilgani dari fraksi Gerindra Kamis (21/4) siang. Dia dipanggil penyidik Polsek Sungai Rumbai ke ruangannya, untuk dimintai keterangan terkait kasus pelecehan yang dilaporkan seorang dokter bekerja di Puskesmas Kenagarian Sungai Rumbai beberapa waktu lalu.

Kapolres Dharmasraya AKBP Lalu Muhammad Iwan Mahardan, melalui Kapolsek Sungai Rumbai Kompol Nasrul Effendi, ketika di konfirmasi wartawan, meyebutkan, pemanggilan terhadap Zilgani  menanggapi laporan salah seorang dokter terkait dugaan pelecehan profesi dokter. Status Zilgani pada pemanggilan tersebut merupakan pemeriksaan pertama sebagai saksi terlapor.

“Dalam pemeriksaan atau meminta keterangan terhadap Zilgani kurang lebih selama 3 jam lebih, dan setidaknya akan ada tiga kali pemanggilan untuk mengetahui kepastian yang terjadi sebenarnya,”cetus Kapolsek Sungai Rumbai Kompol Nasrul Effendi, di ruang kerjanya kemarin.

Kesempatan itu, Nasrul mengatakan, sebanyak 16 pertanyaan dilontarkan kepada Zilgani terkait permasalahan anggota DPRD itu kepada seorang dokter Puskesmas yang berbuntut ke ranah hukum.

Dikatakannya, untuk tahap selanjutnya pihak polsek menunggu instruksi dari Kapolres karena kasus yang ditangani merupakan dari kalangan anggota dewan.

“Kalau hanya orang biasa saja kita tidak perlu instruksi dari polres, tapi karena ini anggota dewan kita harus menunggu perintah berikutnya,” ungkap Kapolsek ninik mamak itu.

Sementara itu, Zilgani ketika ditemui beberapa wartawan, menyebutkan, pemeriksaan pi­hak kepolisian terhadap dirinya sudah ketentuan dan tugas polisi. Dia mengakui selama peme­riksaan dia mendapatkan 16 pertanyaan seputar persoalan dirinya dengan dokter puskesmas yang melapor tersebut.

“Saya tidak ada masalah, karena persoalan kami yang sampai ke sini karena saya hanya menjalankan tugas saya seorang anggota dewan yang mengontrol dan mengawasi instansi peme­rintah kalau tidak sesuai dengan pekerjaanya,”tutur Zilgani.

Diberitakan Haluan sebe­lum­nya, Seorang dokter bertugas di Puskesmas Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmas­raya bernama, dr. Micke Ortunai­da (35), mendatangi Sentra Pela­yanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Sungai Rumbai. Sang dokter membuat laporan pelecehan atau perbuatan tidak menyenangkan oleh seorang anggota DPRD Dharmasraya dari partai Gerindra, Zilgani (36) terhadap dirinya.

Berdasarkan keterangan dok­ter Micke Ortunaida kepada sejumlah wartawan, kejadian bermula pada hari  Senin tanggal 04 April 2016, dirinya tengah bertugas di UGD Puskesmas Sungai Rumbai, namun pada hari itu juga dilakukan pemeriksaan ke­sehatan Calon Jemaah Haji (CJH).

Akan tetapi karena jarak dari UGD ke lokasi pemeriksaan kesehatan itu lumayan jauh, dan saat itu juga dirinya tengah me­nangani pasien yang ada di Pus­kesmas, akibatnya dia sedikit terlambat dari jadwal yang diten­tukan.

“Saat itu saya tiba di lokasi pemeriksaan sekitar  pukul 09.00 WIB, namun saat tiba saya langsung diberikan kata tidak menyenangkan. Terlambat ka­mu, kalau tidak sanggup jadi PNS berhenti saja kamu, masih banyak yang mau jadi PNS semua mas­yarakat terlantar gara-gara kamu,”Kata dokter Micke, me­niru perkataan oknum anggota DPRD Dharmasraya tersebut.

Sebab itu, karena seorang dokter tidak terima kata-kata yang sangat pedas dari oknum anggota DPRD ini, ia langsung melaporkan kejadian ini ke Pol­sek Sungai Rumbai, apalagi perbuatan tidak menyenangkan tersebut dilakukannya di hadapan puluhan masyarakat calon je­maah haji dan pegawai di sana.

Dari laporannya ke pihak yang berwajib, dirinya berharap pihak kepolisian bisa menin­daklanjuti perkara ini, agar pro­fesi dokter sedikit lebih dihargai para petinggi seperti oknum DPRD ini.

Secara terpisah, ketika sejum­lah wartawan menghubungi Zil­gani, dirinya mengaku belum mengetahui  adanya laporan polisi atas dirinya terkait perbua­tannya dengan salah seorang dokter tersebut. (h/mg-bdr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]