Koperasi Primkoppol Resort Pessel Kantongi SHU Rp976,5 Juta


Sabtu, 23 April 2016 - 00:59:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Koperasi Primkoppol Resort Pessel Kantongi SHU Rp976,5 Juta KANTOR Koperasi Primkoppol Resort Pesisir Selatan.

Koperasi Primkoppol Resort Pesisir Selatan merupakan salah satu koperasi yang bergerak dalam kegiatan Simpan Pinjam(SP), jasa dan warung serba ada (Waserda). Keberadaan koperasi ini terus menggeliat dan berkembang sesuai harapan para anggotanya.

Tak mengherankan jika koperasi yang beranggotakan sebanyak 547 orang ini, ber­hasil meraup Sisa Hasil Usa­ha (SHU) pada 2015 men­capai Rp976,5 juta lebih. Sedangkan tahun  2014 , SHU hanya sekitar Rp559,9 juta. Angka ini meningkat  98 persen pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2015.

Ketua Koperasi Prim­koppol Resort Pessel, AK­BP (Purn) Kliwon Setiadi me­nga­takan, koperasi Prim­koppol Resort Pessel saat ini melayani pinjaman anggota sebesar Rp8,9 miliar, terma­suk layanan pinjaman kas bon, alat kesehatan, karpet dan lainnya. Sedangkan ang­gota dari koperasi  mayoritas anggota Polres Pessel.

Menurut Kiliwon, para pengurus akan tetap beru­paya agar koperasi Prim­koppol Pessel ini dapat men­jadi salah satu koperasi yang terbaik di Pessel. Meskipun tidak tertutup kemungkinan masih  banyak terdapat ke­kurangan  dan kelemahan.

“Semua kekurangan itu akan kita perbaiki, seperti adanya tunggakan kredit macet dari anggota. Untuk hal ini, pengurus akan terus menagih piutang tersebut sampai lunas,” ulasnya.

Para pengurus tersebut akan tetap berupaya mak­simal mengembalikan aset pinjaman, baik secara priba­di mapun dinas. Hal ini dila­kukan untuk perkembangan Koperasi Primkoppol agar lebih baik lagi di masa men­datang.

Tahun 2016 ini, ada kabar gembira bagi anggota Ko­perasi Primkoppol berupa kemudahan bagi anggota. Salah satunya koperasi akan menurunkan jasa bunga dari 1 persen menjadi 0,9 persen. Begitu juga Tunjangan Hari Raya ( THR) bagi anggota, akan ditingkatkan dari 3 persen menjadi 4 persen dan dibagikan secara metara ke­pada anggota.

“Kita harapkan, dengan kebijakan ini dapat mem­bantu para anggota dalam memenuhi kebutuhannya,” katanya.

Gunakan Aplikasi

Koperasi Primkoppol Re­sort Pessel sangat peduli dengan masalah sosial ang­gotanya. Salah satunya de­ngan mengalokasikan ang­garan untuk santunan sosial bagi anggota yang meninggal dunia sebesar Rp2,5 juta.

Dalam operasionalnya, kini ini juga sudah cukup maju dengan menerapkan sistem aplikasi. Para ope­rator telah mendapat bim­bingan dan pelatihan yang didatangkan dari Padang. Hal ini dilakukan agar penge­lolaan koperasi lebih tertib, lancar, tepat dan  akurat .

Kapolres Pessel  AKBP Deni Yuhasdi selaku panase­hat menilai, keberhasilan koperasi sangat tergantung pada kemampuan pengurus dalam mengelolanya serta mampu mengajak anggota agar punya rasa memiliki.

“Koperasi tidak akan ber­­hasil, bila antara pengurus dengan anggota tidak me­miliki persepsi yang sama untuk mengembangkannya. Jadi rasa kebersamaan ter­sebut perlu dibina sejak dini  untuk mencapai kesuksesan Koperasi Primkoppol Resort Pessel,” katanya.

Saat ini, kepengurusan Koperasi Primkoppol Resort Pessel dipimpin oleh Ketua AKBP (Purn) Kliwon Stiadi, Sekretaris Edwin, Bendahara Bripka Rivo Sejati, BP AKP (Purn) H Jasaruddin.

Para anggota  juga berlaku kritis, melakukan koreksi terhadap Laporan Per­tang­gung Jawaban (LPJ) yang disampikan oleh pengurus koperasi  dan Badan Penga­was (BP) Primkoppol Pessel.  Segala usulan dan saran yang disampikan anggota kepada pengurus, merupakan salah satu upaya melengkapi prog­ram kerja Primkoppol Pessel pada 2016.

Kepala  Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Kope­rindag dan Pasar Pessel, Heri Joni mengakui, Koperasi Primkoppol Pessel adalah salah satu koperasi yang dinilai bagus. Pasalnya usa­hanya terus berkembang pe­sat, apalagi koperasi ini di­leng­kapi dengan  warung serba ada (wa­serda). Hal ini jelas sangat membantu para anggotanya.

“Kita berharap, koperasi ini bisa semakin jaya dan berkembang. Maju dan ber­kem­bangnya sebuah koperasi tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pengurus dan anggota,” katanya.

Rasakan Manfaat

Kebaradaan koperasi ini sudah dapat dirasakan man­fatnya oleh masyarakat, teru­tama anggota yang tergabung dalam wadah Primkoppol Resort Polres Pesisir Selatan.  Tidak saja melayani Simpan Pinjam (SP), tetapi koperasi juga melayani jasa pengi­riman barang.

“Jasa pengiriman barang ini merupakan program ba­ru. Meski demikian, selama 2015 sudah tercatat melayani pengiriman barang sebanyak 583 paket dan berjalan lancer,” kata Ketua Koperasi Primkoppol Resort Pessel, AKBP( Purn) Kliwon Setiadi.

Salah seorang anggota koperasi Primkoppol, Aiptu Nizar mengakui,  masya­rakat maupun anggota kope­rasi merasa sangat terbantu dengan adanya koperasi ter­sebut, terutama dalam me­ngatasi modal usaha. Dengan adanya pinjaman uang dari koperasi ini, berbagai usaha  home industry yang digeluti anggota dapat berkembang dan menjadi  menopang eko­­nomi keluarga.

“Dengan pinjaman mo­dal dari koperasi, kami bisa mengembangkan usaha rumahan yang dikelola para istri. Usaha rumahan itu ikut menopang ekonomi keluarga dan meringankan beban su­ami,” katanya. (h/*)

 

Laporan : M JONI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM