Sumbar Kekurangan 9.000 Guru TPQ


Sabtu, 23 April 2016 - 01:07:22 WIB

PADANG, HALUAN — Pem­prov Sumbar masih ke­kurangan 9.000 guru  Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Data Pem­prov Sumbar, hingga kini jum­lah guru TPQ baru mencapai 1.912 orang. Jumlah itu meru­pa­kan yang sudah dilatih. Se­men­tara kebutuhan mencapai 10 ribu lebih.

“Karena paling tidak, satu masjid dan musalla mem­butuhkan minimal dua guru. Saat ini jumlah masjid dan mushalla mencapai 5.016 unit, ” kata Kepala Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, Syahril B pada pembukaan pelatihan guru TPQ se-Sumbar.

Dilanjutkannya, jika Pem­prov Sumbar ingin memenuhi kebutuhan jumlah guru TPQ untuk seluruh masjid dan mu­salla itu, maka dibutuhkan waktu hingga 15 tahun lebih.

Disampaikannya, banyak kendala yang dialami p­e­me­rint­ah dalam meningkatkan kapasitas guru TPQ. Selain ke­we­nangan pemerintah, juga be­lum adanya kesepahaman di­an­tara lembaga pendidikan TPQ. Sehingga masih kurang ko­mu­nikasi diantara guru.

Ke depan, masing-masing guru TPQ dapat saling bertukar piki­ran, saling memberikan ma­sukan. Dengan itu, kapasitas dan ke­ku­rangan masing-masing guru dapat ditingkatkan. Karena bany­ak juga guru TPQ yang belum memiliki format pengajaran yang tepat.

“Makanya kita menghadirkan narasumber yang berkompeten, sehingga dapat dituntun apa yang perlu dilakukan guru TPQ dalam mengajar,” tambahnya.

Selain itu, diperlukan pula sharing dari kabupaten/kota un­tuk mendukung program ter­sebut. Sehingga kekurangan guru TPQ ini dapat diatasi dengan cepat. Setidaknya memberikan pelatihan dan honor bagi para guru TPQ.

“Saat ini sudah ada kabu­paten/kota yang terlibat mem­berikan dukungan terhadap pen­didikan guru TPQ ini,” ujarnya.

Ketua Panitia, Jumadi yang juga Kabag Agama Biro Binsos Setdaprov Sumbar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan peningkatan kapasitas para guru TPQ di Sumbar. Jumlahnya mencapai 70 orang.

Peserta dari 18 kabupaten/kota di Sumbar, dan pelak­sanaan­nya di Kota Padang. Sedangkan peserta dari Kepulauan Men­tawai, dilaksanakan di Mentawai dengan dua tahap kegiatan de­ngan peserta total 40 orang.

“Karena kebutuhan guru PT­Q di Mentawai sangat penting, maka kita khusus oleh pe­me­rintah daerah agar lebih me­mu­dahkan peserta. Makanya kita langsung melaksanakan di Me­ntawai, khususnya di Kecamatan Sikakap dan Tua Pejat,” ujar­nya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]