Rayakan Hari Bumi Bersama Buah Hati


Sabtu, 23 April 2016 - 03:54:08 WIB
Rayakan Hari Bumi Bersama Buah Hati

Hari Bumi adalah momen tepat bagi Anda untuk meng­ajarkan pada si kecil betapa pentingnya melestarikan ling­kungan lewat tindakan nyata.

Menurut Silvita Agmasari dari Sheknows, sedari dini, hendaknya sadarkan anak betapa pentingnya menjadi generasi penerus yang men­jaga  bumi senantiasa dalam kondisi baik.

Berikut kiat dari Silvita Agmasari untuk mengajarkan anak pentingnya merawat bumi sekaligus menjalin hu­bungan berkualitas dengan sang buah hati di Hari Bumi:

1. Jadi panutan anak

Anda tentu sadar jika anak belajar langsung dari apa yang diperbuat oleh orangtuanya. Jadi, jangan hanya memberi nasihat pada anak, tetapi juga tunjukkan aksi untuk men­cintai bumi dengan tidak menyia-nyiakan air, mema­tikan lampu jika tak diper­lukan, melakukan daur ulang, meminimalisir penggunaan kendaraan, dan masih banyak lainnya.

2. Sadarkan jiwa cinta lingkungan pada anak

Sadarkan anak tentang keterbatasan sumber daya, kepunahan flora dan fauna, serta akibat dari hal tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan mengajak anak me­non­ton film bersama me­ngenai lingkungan, mencari sumber di internet, pergi ke kebun binatang, museum, atau taman botanika terdekat agar anak dapat bertanya langsung pada pakarnya.

3. Ajarkan anak untuk memberi kontribusi bagi bu­mi

Saatnya bagi Anda dan keluarga menjadi sukarelawan untuk kelestarian bumi. Kon­tribusi dapat dilakukan de­ngan kelompok kecil, seperti komunitas daur ulang, peng­galangan dana untuk hewan dan lingkungan, penanaman tumbuhan obat di lingkungan tempat tinggal, atau mengum­pulkan sampah daur ulang bersama komunitas.  (h/kcm)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]