Januari Hingga April

BPSK Terima 56 Pengaduan


Sabtu, 23 April 2016 - 03:56:48 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Pekanbaru, terhitung sejak Januari hingga bulan April 2016 menerima sebanyak 56 pengaduan konsumen. Angka pengaduan tersebut didominasi terkait kasus dengan pihak leasing dan perusahaan pembiayaan.

“Terhitung Januari sam­pai April tahun ini 56 lapo­ran kasus dari masyarakat yang masuk ke BPSK, rata- rata penga­duan yang kita terima terkait sengketa ma­syarakat dengan pihak lea­sing,” Ketua BPSK Pekan­baru, Azrial, Kamis,(21/4).

Sengketa antara ma­sya­rakat dengan pihak leasing adalah permasalahan pena­rikan kendaraan roda empat maupun roda dua yang ma­sih dalam proses masa kredit macet. Ada juga laporan masyarakat yang menyata­kan kendaraannya telah digadaikan oleh pihak le­asing.

Selain permasalahan itu, BPSK juga menerima lapo­ran terkait kredit di bidang properti, perbankan dan dana investasi. Beberapa dari kasus yang dilaporkan sudah berhasil diselesaikan, dalam hal itu BPSK hanya sebagai badan yang me­nangani  BPSK keluhan konsumen dengan mem­fasilitasi penyelesaian dalam bentuk konsiliasi, mediasi dan arbitrase.

“Kita kedepankan pe­nye­lesaian secara mediasi, tetapi ada juga dari terlapor meneruskan ke pengadilan bahkan Mahkamah Agung. Tetapi kalau sudah sampai di sana bukan wewenang kita lagi,” jelasnya.

Saat ditanyakan, me­ngapa dari tahun ke tahun permasalahan serupa selalu terjadi, Azrial menjawab, karena masyarakat belum menjadi konsumen cerdas yang harus mengetahui tentang hak dan kewajiban. Seperti dengan barang elekt­ronik, masyarakat dianjurkan teliti sebelum membeli dan harus mem­perhatikan label dan manual garansi berbahasa Indo­nesia.

“Pastikan produk ber­tan­da SNI, jangan menga­baikan masa kadaluarsa produk, beli sesuai ke­bu­tuhan bukan keinginan, dan cintailah produk Indonesia atau dalam negeri, “ajaknya.

Menurut Azrial kalau masyarakat sudah menjadi konsumen cerdas tentu ba­kal meminimalisir pelaku usaha yang nakal untuk melakukan kecurangan. Pa­salnya peluang itu sangat terbuka lantaran konsumen selalu gegabah saat membeli suatu barang tanpa mem­perhatikannya secara sek­sama.

“ Kita selalu mengim­bau masyarakat agar men­jadi konsumen cerdas, mes­ki demikian kepada peru­sa­haan dan pelaku usa­ha ja­ngan pula membodoh-bo­dohi konsumen, agar kedua belah pihak sama- sama diuntungkan. Kalau masya­rakat ada yang merasa diru­gikan oleh pelaku usaha atau perusahaan bisa mela­porkan ke BPSK, agar nanti bisa diselesaikan se­cara mediasi,” im­buhnya.(her)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]