Indonesia Butuh 74.000 Relawan TIK


Sabtu, 23 April 2016 - 04:01:14 WIB
Indonesia Butuh 74.000 Relawan TIK

BANDAR LAMPUNG, HALUAN — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa pemanfaat internet di desa membutuhkan sebanyak 74.000 relawan teknologi informasi dan komunikasi.

“Relawan itu tergantung sukarela masyarakat itu sendiri. Saat ini ada sekitar 10.000 orang dan idealnya satu desa terdapat satu re­lawan,” kata dia, usai se­minar “Pemanfaatan Tek­nologi Informasi Elekt­ro­nifikasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Daya Saing Desa, di Kantor BI Perwakilan Lampung, Ban­dar­lampung, Jumat (22/4).

Ia menyebutkan per­kembangan masyarakat di­gital di Indonesia dan kebi­jakan pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan internet cukup maju.

Menurutnya, terdapat 74.000 desa di seluruh In­donesia dari 26 persen di antaranya masuk dalam ka­tegori tertinggal.

“Sebanyak 11 persen di antara desa tertinggal itu memiliki akses teleko­mu­nikasi yang sudah baik,” ujarnya.

Rudiantara menjelaskan relawan TIK itu harus inde­penden, fokus pada pen­didikan dan edukasi peman­faatan teknologi tersebut.

Ia menjelaskan, kebi­jakan pemerintah di sektor ini dititik beratkan kepada upaya meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih banyak mengambil keuntungan dari perdagangan elektronik (“e-commerce”) lewat solusi desa broadband terpadu.

Pemerintah mengingin­kan UMKM bisa mendapat akses terhadap Kredit Usa­ha Rakyat (KUR), yang kemudian akan mening­katkan ekonomi pedesaan dan membantu pem­ba­ngu­an  ekonomi yang mandiri.

Di sisi lain, pihaknya tengah melakukan program Pembangunan Desa Broad­band Terpadu sebagai upaya untuk membangun infras­truktur konektivitas infor­masi digital.

“Tujuannya untuk me­ning­­katkan pertumbuhan ekonomi desa nelayan, desa Pertanian, dan desa Pe­dalaman,” ujarnya.

Desa broadband terpadu adalah desa yang akan di­leng­kapi dengan fasilitas jaringan atau akses internet, perangkat akhir pengguna dan aplikasi yang sesuai dengan karakteristik pen­duduk setempat.

Progam tersebut diper­untukkan pada desa nela­yan, desa pertanian, dan desa pedalaman untuk men­dukung dan membantu kegi­atan mayarakat setempat sehari-hari.

Saat ini telah dibangun portal aplikasi pedesaan yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo be­kerjasama dengan pengem­bang aplikasi lokal yang dapat diakses pada http://sidepi.info.  (h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]