Digelar 23 Mei 2016

Maju Mundur Munaslub Golkar di Tangan Jokowi


Sabtu, 23 April 2016 - 04:03:50 WIB
Maju Mundur Munaslub Golkar di Tangan Jokowi WAKIL Presiden Jusuf Kalla (tengah) bersama Ketua umum Partai Golkar versi munas Bali Aburizal Bakrie (kedua kanan), Ketua Umum Partai Golkar versi munas Ancol Agung Laksono. Ical menyebut, Munaslub Golkar akan dilaksanakan pada 23 Mei 2016 nanti.

JAKARTA, HALUAN — Ke­tua Umum Partai Golkar, Abu­rizal Bakrie (Ical) memastikan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar akan dilaksanakan pada 23 Mei 2016. Ical mengatakan Mu­nas­lub akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

“Saya baru dapat infor­masi dari pak Jokowi tadi malam, ajudan beliau me­nga­takan beliau akan membuka 23 Mei, karena 17 Mei beliau masih di Rusia dan 25 Mei sudah pergi lagi,” katanya di Jakarta, Jumat (22/4).

Ical menjelaskan,  pe­nyelenggaraan Munaslub dila­kukan di Bali dengan biaya yang akan ditanggung secara bergotong royong oleh kader dengan sistem iuran.

Aburizal mengatakan su­rat keputusan Menteri Hu­kum dan HAM soal legalitas kepengurusan Munas Bali juga akan dikeluarkan dalam waktu dua hari ke depan. Ia mengatakan sudah meng­hubungi Menkumham Ya­sonna Laoly atas hal ini.

Munaslub Golkar me­mili­ki agenda utama pe­m­i­lihan ketua umum. Sejumlah nama yang belakangan sudah me­nyatakan siap maju antara lain, Ade Komaruddin, Air­langga Hartarto, Aziz Syam­suddin, Idrus Marham, Indra Bambang Utoyo, Mahyudin, Priyo Budi Santoso, Setya Novanto, Syah­rul Yasin Lim­po, Zaki Is­kandar dan lain-lain.

Langkah maju-mundur pe­laksanaan munaslub yang direncanakan digelar di Bali ini bukan tanpa alasan. Pelak­sanaan munaslub Golkar se­perti tergantung dengan jadwal Presiden Joko Wi­dodo. Bah­kan, di rapat harian bulan ke­marin, Ical tegas me­ngatakan, pelaksanaan mu­naslub me­nunggu jadwal Jokowi. 

Hal ini juga yang mem­buat Golkar memutuskan untuk memundurkan dan memajukan jadwal pelak­sa­naan munaslub untuk rekon­siliatif ini. “Saya baru dapat dari Pak Presiden Jokowi, dari ajudannya tadi malam, me­ngatakan bahwa beliau akan membukanya tanggal 23 Mei malam, karena beliau tanggal 17 di Rusia, tanggal 25 sudah pergi lagi ke Jepang kalau tidak salah, jadi beliau mem­berikan waktu (tanggal) 23 malam,” tutur Ical di Jakarta, Jumat (22/4).

Kehadiran Jokowi seperti menjadi kunci penting dari gelaran munaslub partai be­ringin. Padahal, sampai hari ini, Surat Keputusan Pe­nge­sahan Kepengurusan re­kon­siliasi yang disusun oleh Ical dan Agung Laksono be­lum keluar. 

Namun, Ical optimistis SK dari Menkumham bakal keluar paling lambat awal pekan depan. Munaslub Gol­kar sendiri akan dida­sarkan pada SK Kepengurusan Gol­kar hasil munas Bali yang ditambah dengan ke­pe­ngu­rusan Ancol.

SK ini juga yang sempat di­jadikan alasan Golkar un­tuk memundurkan pe­lak­sa­naan munaslub menjadi 25 Mei 2016 dari sebelumnya akan digelar 17 Mei 2016.  Sebab, dari keterangan Steer­ring Committe (SC), pelak­sanaan munaslub harus dilak­sanakan minimal sebulan setelah terbitnya SK Men­kumham. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 18:02:19 WIB

    Cuti Bersama Lebaran akan Dimajukan ke Juli

    Cuti Bersama Lebaran akan Dimajukan ke Juli HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat pemerintah menggeser jauh cuti bersama hari raya Idul Fitri 2020. Pemerintah sebelumnya sudah menetapkan cuti bersama Lebaran dipindahkan ke 28, 29, 30, dan 31 Des.
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 15:09:44 WIB

    Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju Tak Gelar Open House Lebaran Tahun Ini

    Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju Tak Gelar Open House Lebaran Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan jajaran menteri dalam Kabinet Indonesia Maju pada perayaan Lebaran tahun ini tidak akan menyelenggarakan acara gelar griya sebaga.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 10:04:37 WIB

    Wow..! Indonesia Jadi Rebutan Negara Maju

    Wow..! Indonesia Jadi Rebutan Negara Maju JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi dan market besar di dalam era transformasi digital. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Inf.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 01:26:15 WIB

    Diklaim Maju, Indonesia Dihapus dari Daftar Negara Berkembang..?

    Diklaim Maju, Indonesia Dihapus dari Daftar Negara Berkembang..? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat menghapus nama Indonesia dari daftar negara berkembang. Selain Indonesia, negara lain yang turut dicoret yakni China, India, Brasil dan Afrika Selatan..
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:26:37 WIB

    Kinerja 100 Hari Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir 'Juara' 1

    Kinerja 100 Hari Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir 'Juara' 1 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kabinet Indonesia Maju telah bekerja lebih dari 100 hari. Untuk itu, Lembaga Survei Alvara Research Center merilis daftar menteri dengan kinerja memuaskan yang masuk peringkat 10 besar untu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]