Toko Swalayan Big Mart

Beri Diskon Tiap Minggu untuk Konsumen


Sabtu, 23 April 2016 - 04:06:25 WIB
Beri Diskon Tiap Minggu untuk Konsumen

PADANG, HALUAN — Big Mart adalah satu-satunya toko swalayan di Kota Padang yang setiap minggu memberikan diskon kepada konsumen. Progam promosi diskon tersebut adalah upaya toko swalayan berbentuk mini market itu untuk memanjakan konsumen.

General Manager Big Mart, Ismanto mengatakan, Big Mart memiliki moto “Me­layani dengan Hati”. Dengan moto itu, hubungan Big Mart dengan konsumen tidak sele­sai hanya dengan aktivitas jual-beli, tapi berlanjut de­ngan pelayanan Big Mart untuk memuaskan konsumen. Salah satu pelayanan untuk memuaskan konsumen ter­sebut adalah menggelar pro­gram diskon setiap minggu.

“Dalam seminggu, Big Mart menggelar salah satu dari dua program diskon. Pertama, diskon tiga hari. Diskon ini dilaksanakan mulai Jumat hingga Minggu. Kedua, diskon seminggu, yang digelar mulai Jumat hingga Kamis. Diskon tiga hari tersebut memberikan potongan harga yang jauh lebih murah dari harga biasanya. Sementara diskon seminggu itu potongan harganya tak sebesar diskon tiga hari,” ujar Ismanto kepa­da Haluan di Big Mart Cabang Jati, Jumat (22/4).

Ia menjelaskan, agar ma­sya­rakat mengetahui bahwa Big Mart menggelar program diskon beserta barang-barang yang masuk program tersebut, pihaknya memberitahukan kepada masyarakat melalui brosur, spanduk, akun Face­book Big Mart, dan laman bigmartku.com.

Identik dengan minyak goreng murah

Dari sekian banyak toko swalayan di Kota Padang, baik yang berbentuk minimarket maupun supermarket, kelebi­han Big Mart menurut Isman­to adalah terkenal sebagai toko swalayan yang menjual minyak goreng dengan harga paling murah.

“Big Mart identik dengan minyak goreng murah. Kami bisa menjual minyak goreng dengan harga murah karena kami mengambil barang da­lam jumlah banyak dari pa­brik,” tuturnya.

Selain melayani konsumen pribadi dan eceran, pihaknya juga melayani konsumen par­tai besar. Pihaknya bahkan menjadi pemasok sembako ke sejumlah rumah sakit.

Selain menjual barang-barang dari pabrik besar yang terdapat di luar Sumbar, Big Mart juga menjual barang-barang yang diproduksi oleh UMKM di Sumbar. Saat ini, Big Mart memiliki 70 UMKM sebagai mitra dagang. Pada umumnya, UMKM tersebut terdapat di Padang. UMKM-UMKM tersebut pada umum­nya memproduksi kudapan tradisional. 

Tentang Big Mart

Big Mart adalah toko swa­la­­yan yang didirikan oleh Haji Yusuf, salah seorang pe­ngu­saha di Kota Padang. Big Mart kali pertama berdiri pada 2012 di Bypass Kilometer 7. Kini, di Kota Padang terdapat 7 Big Mart, yakni di Jalan Belibibis, Air Tawar, dekat kampus UNP. Kemudian di Sungai Balang, Bandar Buat, lalu di Jalan Niaga, Pondok. Ada lagi di Belimbing, dan Rimbo Datar, Cengkeh.

Ismanto menerangkan, kelebihan Big Mart adalah men­jual barang dengan harga bersaing. Pihaknya bisa men­jual barang dengan harga murah karena selain me­ngam­bil barang dalam jumlah ba­nyak di pabrik, juga karena se­dikit mengambil keuntu­ngan.

Kelebihan lainnya, kata Is­manto, Big Mart meng­hadir­kan suasana belanja yang nya­man kepada konsumen ka­re­na di toko itu terdapat pen­dingin ruangan. Kemu­dian, konsumen dimanjakan de­ngan rak barang yang mo­dern. Ismanto mengklaim, Big Mart sebagai pelopor toko swalayan modern di Kota Padang.

Visi misi Big Mart adalah menjadi toko swalayan yang memiliki jaringan ritel ter­besar di Sumbar, yang unggul dalam pelayanan dan penge­lolaan. Kami menargetkan, 5 tahun ke depan Big Mart akan membuka cabang di semua kabupaten/kota di Sumbar. Kami ingin seperti Yomart di Jawa Barat atau Chandra Superstore di Lampung, yang identik oleh masyarakat di provinsi itu sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari,” paparnya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan mengajak pemilik toko lain untuk bermitra dengan Big Mart, melalui sistem wa­ra­laba. Pihaknya akan mewu­judkan rencana itu apabila manajemen Big Mart sudah bagus. Target tersebut ren­cananya akan dilaksanakan pada 2018. Menjelang tahun itu, pihaknya menyiapkan manajemen sejak kini. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]