Memaknai Hari Otonomi Daerah ke-20

ASN Diminta Bersihkan Lingkungan Kerja


Sabtu, 23 April 2016 - 04:24:59 WIB

LIMAPULUH KOTA, Haluan  —  Memaknai Hari Otonomi Daerah yang ke-20 tahun yang jatuh pada 25 April 2016, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di ling­kungan birokrasi Pemkab Limapuluh Kota, diminta untuk “bersih-bersih” ling­kungan kerja. Pembersihan lingkungan, tidak hanya dari tata kelola dan ruangan kan­tor, tetapi juga penertiban kinerja serta disiplin pegawai.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, yang dihubungi di kantor bupati Bukik Limau Sarilamak Jum­at (22/4) pagi menuturkan, tata kelola dan rungan kantor perlu dibenahi, supaya men­jadi salah satu hal yang akan membangkitkan semangat kerja.

“Kita ingin hari Otonomi Daerah tidak sekedar dipe­ringati, tapi benar-benar dite­rapkan melalui perbaikan, apakah itu kebersihan dan situasi kantor, juga aturan dan disiplin pegawai. Selain itu, harus menguatkan semua fungsi, baik itu kinerja mau­pun sistim pelayanan ke ma­syarakat. Sebab, lahirnya Oto­nomi Daerah di Indonesia merupakan sebuah wujud kesadaran pemerintah pusat terhadap kemerdekaan ma­sing-masing daerah,” ulasnya.

Karena itu, lanjutnya, dae­rah harus bisa memanfaatkan peluang tersebut, guna me­nen­tukan arah pembangunan sesuai kebutuhan masya­ra­katnya. Melalui momen ini pula, daerah sebenarnya dibe­ri tugas dan kewenangan pe­nuh untuk melakukan pe­nguatan diri, baik dalam segi kebijakan maupun dalam segi fungsinya.

Untuk itu, ia meminta seluruh perangkat kerja SK­PD, mulai membuat terobo­san dan inovasi terhadap prog­ram-program kebijakan. Khu­sus soal tata kelola peme­rintahan, Wabup yang terke­nal dengan gaya ‘ceplas-cep­los’, itu meminta tegas para pegawai di masing-masing instansi pemerintahannya terus melakukan inovasi dan pembenahan kinerja. “Saya ingin, semuanya harus ber­fungsi.

Kita jangan seperti Lintibang (binatang kaki seri­bu, red), kaya struktur tapi miskin fungsi,” tuturnya.

Asisten I Bidang Peme­rintahan, Syahrial, menga­takan guna memperngati Hari Otonomi Daerah ke-20 tahun ini, Pemkab Limapuluh Kota, sudah menyiapkan berbagai agenda kegiatan. Salah sa­tunya, melakukan apel akbar di GOR Singa Harau, yang diikuti oleh ribuan pegawai di seluruh jajaran Pemkab Lima­puluh Kota, Senin (25/4).

Sehari sebelumnya, Ming­gu (24/4), di tempat yang sama juga diadakan tabligh akbar, sekaligus pembukaan kegi­atan Gerbang Emas. “Bagi masing-masing SKPD, yang program kegiatannya belum dilaksanakan, tolong disi­apkan pada hari ini. Kegiatan ini cukup besar. Melibatkan seluruh wali nagari,” imbuh Syahrial. (h/zkf/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]