Anggaran Pilkada Payakumbuh Naik Rp4 Miliar


Sabtu, 23 April 2016 - 04:25:14 WIB

Payakumbuh, Haluan — Sampai saat ini, berbagai proses menuju Pilkada Feb­ruari  2017 terus dilakukan KPU Paya­kumbuh. Salah satunya terkait tentang anggaran Pilkada Payakumbuh mendatang. “Proses baru pembahasan anggaran Pilkada ke Pemko Payakumbuh,”ucap Muhammad Khadafi Divisi Teknis KPU Payakumbuh.

KPU sendiri, terangnya, sudah menga­jukan anggaran sebesar Rp 10,5 Miliar ke Pemko Payakumbuh untuk perhelatan Pilkada mendatang. “Kita masih menunggu kajian dari Pemko terkait persoalan angga­ran ini. Kalau anggaran sudah diserahkan Pemko, KPU bisa melanjutkan ke proses dan  tahapan Pilkada berikutnya,”ucapnya lagi.

Anggaran Pilkada 2017 mendatang,kata Khadafi, jauh lebih banyak dibandingkan pada Pilkada 2012 lalu. Yakni terjadi peningkatan sebesar Rp 4 Miliar. Pening­katan tersebut  disebabkan adanya tahapan Pilkada yang sepenuhnya ditanggung  oleh KPU. Seperti anggaran untuk Alat Peraga Kampanye.

“Pada Pilkada 2012 lalu, anggaran Pilkada habis sebesar Rp 6,5 Miliar. Itu pun alat peraga masih ditanggung oleh masing-masing pasangan calon. Berbeda dengan kondisi Pilkada 2017 mendatang,  ber­dasarkan peraturan yang ada, malahan alat peraga kampanye  ditanggung oleh KPU. Sehingga hal ini berdampak terhadap anggaran Pilkada itu sendiri,” terangnya lagi.

Dari hasil sementara duduk bersama antara KPU dan Pemko Payakumbuh, malahan Pemko akan mengikuti seluruh permintaan anggaran dari KPU. Tetapi hal tersebut harus sesuai regulasi dan aturan yang berlaku. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]