Tan Malaka Institute Hari Ini Gelar Dialog Kebangsaan


Sabtu, 23 April 2016 - 04:27:02 WIB

PADANG, HALUAN — Tan Malaka Institute, Sabtu hari ini (23/4) menye­leng­gara­kan dialog kebangsaan de­ngan tema “Tan Malaka, Islam dan Gerakan Menca­pai Indonesia Merdeka” di Rumah Gadang Ibrahim Datuak Tan Malaka, Nagari Pandam Gadang, Keca­matan Suliki, Kabupaten 50 Kota.

Dialog kebangsaan akan menghadirkan pembi­cara Khatibul Umam Wi­ranu MHum, Tokoh Muda NU yang juga anggota DPR RI. Prof Dr Zulhasril Na­sir, MSc, Guru Besar UI, Ma­sin­ton Pasaribu SH, Ketua Umum Repdem/anggota DPR RI dan Dr Wannofry Samri, Ketua Masyarakat Sejarah Indo­nesia Sumbar. “Sampai hari ini (kemarin-red) su­dah lebih 200 peserta yang konfirmasi untuk ikut dia­log. Mereka berasal dari berbagai kalangan, tokoh masyarakat, guru dan ma­hasiswa sejarah,” kata Ben Ibratama Tanur, salah se­orang pendiri Tan Malaka Institute, Jumat (22/4).

Setelah di Suliki, menu­rut Ben, dialog kebangsaan dengan tema yang sama akan dilaksanakan di Aula Fisip Unand, Limau Manih, Padang, Minggu (24/4). “Tan Malaka Institute ingin mengajak anak bangsa un­tuk jujur pada sejarah bang­sanya. Dialog kebangsaan ini, salah satu forum untuk mengingatkan dan menem­patkan posisi Tan Malaka pada tempat yang layak,” kata Ben, putra asli Kabu­paten 50 Kota ini.

Tan Malaka, salah se­orang Pahlawan Nasional Indonesia kelahiran Nagari Pandam Gadang, Suliki pada 2 Juni 1897. Konseptor Republik Indonesia ini meninggal di Desa Selo­panggung, Jawa Timur 21 Februari 1949. (h/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]