Mahasiswa AKN Sawahlunto Tes Urine


Sabtu, 23 April 2016 - 04:27:48 WIB
Mahasiswa AKN Sawahlunto Tes Urine 30 Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Sawahlunto melakukan tes urine yang digelar oleh BNNK Sawahlunto, Jum’at(22/4). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN —  Komitmen Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sawahlunto melakukan tes Urine kepada 30 mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) yang digelar di Aula Dinas Pen­didikan setempat, Jum’at (22/4).

Dipimpin langsung oleh Kasi Pen­cegahan dan Pemberdayaan masyarakat BNNK Sawahlunto Kapten Inf.Muryanto didapat hasil semua mahasiswa tersebut negatif dari pemakaian narkoba.

”Ini me­rupakan bentuk upaya me­nekan lajunya peredaran dan peyala­hgunaan narkoba, terutama dilingkungan pelajar dan ma­ha­siswa, yang dinilai sangat rentan ter­pengaruh untuk memakai barang harap tersebut ,” kata Muryanto kepada Haluan.

Peredaran gelap Narkotika Di Kota Sawahlunto saat ini cukup mengkawatirkan, dilihat dari kasus yang telah masuk ke Pengadilan Negeri kota ini ditahun 2015 sebanyak 15 kasus, sedangkan hingga Maret 2016 diperkirakan sekitar 15 kasus telah masuk saat ini.

Hal ini sebutnya, tentu sangat meng­kawatirkan kita bersama, terhadap me­ningkatnya kasus maupun korban akibat dari peredaraan gelap narkotika, apalagi yang terlibat saat ini juga banyak dari kalangan pelajar.

Salah satu bentuk tugas dari BNNK yang hadir sebagai lembaga pemerintah Non Kementrian dan peng­gerak Pen­cegahan Pemberantasan Pe­nyalahgunaan dan pere­daran gelap narkoba (P4GN) yang pro­fesional dan berintegritas, terus meng­galang kerjasama dengan pihak pen­didikan diantaranya meningkatkan peran aktif kepala sekolah ataupun pim­pinan uni­versitas termasuk jajaran tenaga pendidik dan guru,  sehingga dapat me­n­cegah ma­suknya peredaraan barang haram tersebut kelingkungan dunia pen­didikan.

Apalagi tambahnya, anak diusia pro­duktif rentan akan narkoba, apalagi siswa yang perokok dengan mudah sekali menjadi pecandu narkoba, ditambah dengan se­ma­kin majunya tekhnologi akan memudahkan para pelajar akan ber­sentuhan dengan narkotika dan obat obatan terlarang itu.

“Memang tidak ada satu profesipun yang terbebas dari pengaruh narkoba itu, akan tetapi kita harus kembali meningkatkan keimanan dan ketataqwaan kita, sehingga bisa membentengi diri, keluarga dan masyarakat dari peredaran gelap narkoba,” pintanya.

Sementara itu pembina AKN Sa­wah­lunto Eidwar MPd, sangat mendukung pelaksanaan tes urine tersebut.Dia ber­harap generasi muda terutama dikalangan siswa dan mahasiswa akan terpantau secara baik, terkait penyalahgunaan narkoba itu. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]