Perbaikan Infrastruktur Pascabencana Pasaman

Bantuan Pemerintah Pusat Belum Juga Turun


Sabtu, 23 April 2016 - 04:35:34 WIB

Pasaman, Haluan — Pasca banjir bandang yang menerjang Kecamatan Mapattunggul Selatan beberapa waktu lalu,sejumlah infrastruktur masih rusak berat. Namun tidak terdapat lagi daerah yang masuk kawasan terisolir akibat bencana.

Dihubungi Haluan, Ju­mat kemarin, Kabid Reha­bilitasi dan rRkonstruksi BPBD Pasaman Rizal Ewin me­nyebutkan, pihaknya sam­­­­pai kini masih menung­gu bantuan anggaran pe­mulihan yang dijanjikan Pemerintah Pusat.

Kendati tim Pusat telah da­tang meninjau kondisi la­pangan beberapa waktu lalu, namun bantuan angga­ran itu be­lum juga turun sampai ha­ri ini. Diharap­kannya, ban­tuan tersebut sege­ra datang sehingga da­pat diman­faat­kan, terutama untuk infra­struktur daerah yang terke­na dampak banjir bandang. Dari informasi yang di­da­­pat haluan, dana sebesar Rp 6,1 milyar bakal dipe­ro­leh Kabupaten Pasaman un­tuk perbaikan infra­struk­tur yang rusak akibat ben­cana.

Adapun jorong yang ter­pa­rah yang kini telah pulih dari ketersoliran jorong Sungai Lolo, jorong Pangian dan Batang Gatah. Ada tiga kerusakan yang terparah seperti pembangkit listrik yang rusak parah, jembatan putus dan sejumlah rumah penduduk dan jalan. Sementara itu BPBD Pasa­man dari penelu­suran belum ada peta kerawanan yang terpampang pada pos­ko maupun kantor BPBD Pasaman sendiri.

Sementara itu, secara terpisah Sekretaris BPBD Pasaman Rafnelli menye­butkan pihaknya saat ini melakukan seleksi untuk tenaga pemadam kebakaran yang nantinya akan me­nambah personil yang ma­sih kekurangan. Peserta yang mengikuti tes hampir 200 orang dan tes dilakukan dengan ketat. (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]