Cegah Kebocoran Soal UN

Ombudsman : Sisir Lokasi Berpotensi


Sabtu, 23 April 2016 - 04:37:24 WIB

PADANG, HALUAN—Om­budsman mengimbau se­luruh pihak pengawas dan pihak yang terkait dengan penye­lenggara Ujian Na­sional (UN) SMP agar me­nyisir sejumlah tempat yang berpo­tensi untuk terjadinya pereda­ran kunci jawaban soal yang belum tentu ke­benarannya.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Yunafri mengatakan, belajar dari pengalaman UN SMA be­berapa waktu lalu dari hasil tinjauan di lapangan ter­dapat sejumlah tempat yang menjadi peredaran kunci jawaban soal UN yang belum dapat dipas­tikan kebenarannya. Menu­rutnya, hal tersebut sangat merugikan bagi siswa ka­rena banyak dampak ne­gatif yang ditim­bulkan.

“Jam 6 pagi itu ada se­jum­lah siswa yang ber­kum­pul di tempat-tempat ter­tentu seperti tempat foto­copy, dan warung-warung. Ngapain mereka pagi-pagi udah pada ngumpul, se­mentara ujiannya masuk jam 8. Nah, hal ini perlu dicurigai,” ungkapnya, Jum­­at (22/4).

Ia berharap, pihak ter­kait melakukan penyi­siran ke tempat-tempat tersebut, dan terutama untuk penga­was agar melihat dan kalau perlu dikoordi­nasi­kan de­ngan pihak Satpol PP agar melakukan penga­manan di tempat-tempat yang berpo­tensi terjadi penyebaran kunci-kunci jawaban yang belum tentu kebenarannya.

Untuk menghadapi UN yang akan dilaksanakan pada 9 Mai 2016 menda­tang ia juga menghimbau, pihak sekolah untuk me­num­buh­kan kepercayaan diri siswa agar siap meng­hadapi UN. Yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapan mental para siswa untuk meng­hadapi UN, dan penekan pada para siswa untuk selelu berlaku jujur dalam men­jawab soal-soal.

“Kita berharap semua pihak saling bekerjasama untuk menegakkan dan menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa, dan termasuk juga para penye­lenggara agar terciptanya UN yang berintegritas,” ujarnya.

Sementara itu, Plh Di­nas Pendidikan Padang Drs Barlius MM mengatakan, sejumlah persiapan UN SMP telah dilakukan mulai dari pembagian Kelompok Penyelenggara (Pokgara) yang dibagi menjadi 5, pe­nyusuanan kepanitiaan, dan sistim pengawasan si­lang. Untuk jumlah sekolah penyelenggara UN SMP tahun 2016 ini sebanyak 99 sekolah, dan ditambah tiga sekolah menjadi 103 se­kolah pelaksana UN. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 19:18:05 WIB

    Ombudsman Nyatakan RSUP M. Djamil Padang Lakukan Maladministrasi, Ini Alasannya

    Ombudsman Nyatakan RSUP M. Djamil Padang Lakukan Maladministrasi, Ini Alasannya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatra Barat serahkan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) pengaduan masyarakat atas nama Dewi Suriani mengenai dugaan penundaan berlarut dalam pengurusan admini.
  • Kamis, 01 September 2016 - 20:36:16 WIB
    Pelayanan e-KTP Amburadul

    Disdukcapil Padang Disemprit Ombudsman

    Disdukcapil Padang Disemprit Ombudsman Dia mengaku telah melakukan perekaman data setahun lalu, namun hingga saat ini belum mendapat e-KTP. Akibatnya, pihaknya mengalami kendala mengakses layanan publik yang saat ini sudah mengharuskan identitas berupa e-KTP.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:54:57 WIB

    Ombudsman Soroti Pengutan di SMPN

    PADANG, HALUAN — Om­buds­man RI Perwakilan Su­­matera Barat menduga te­lah terjadi pungutan liar (pung­­li) yang dilakukan be­be­rapa Satuan Pendidikan Da­sar tingkat SMP di Kota Pa­dang. Kali ini pungli di­la­.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 15:23:06 WIB

    Ombudsman Minta Kepastian Layanan Distribusi BBM

    Ombudsman Minta Kepastian Layanan Distribusi BBM PADANG, HALUAN -- Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat meminta Pertamina segera menyelesaian persoalan gangguan layanan distribusi BBM dari Depot Pertamina Bungus Teluk Kabung. .
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 16:39:53 WIB

    Ombudsman: Layanan Publik Membaik

    PADANG, HALUAN — Ombudsman Per­wakilan Sumbar menilai, Pemko Padang dinilai sudah memberikan perhatian khusus terhadap pelayanan publik. Hal itu terlihat dari adanya perubahan layanan, seperti kelengkapan sarana dan pening.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]