Nagari Bawan Data Masyarakat Miskin


Sabtu, 23 April 2016 - 09:38:02 WIB

Agam, Haluan — Nagari Bawan, Keca­matan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, melakukan pendataan warga miskin, data yang sudah dirangkum diakhir 2015 berjumlah menunjukan masyarakat yang tergolong miskin di nagari tersebut men­capai 720 KK.

PJ Wali Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari Andri, Kamis (21/4) me­ngatakan, pihaknya saat ini sedang mem­perbaharui data keluarga miskin. Pendataan ini dilakukan masing-masing Jorong, sehingga setiap semester pertama di 2016 bisa diketahui jumlah KK miskin. Untuk saat ini data yang sudah dirangkum diakhir 2015 berjumlah 720 KK

Data KK miskin ini disampaikan kepada Kecamatan maupun  Pemerintah Kabu­paten Agam, yang dilakukan satu kali setahun sebagai laporan, berdasarkan data per semester. Data pada 2016 tahun masih dirangkum dari  jorong kepada nagari

Kegiatan ini sangat penting dilakukan pemerintah Nagari, agar mengetahui perubahan jumlah KK miskin yang ada di Nagari. “  Laporan ini kita terima paling lambat akhir bulan ini, karena sudah memasuki semester pertama tahun 2016, dengan didapatnya baru bisa dipastikan apakah ada penambahan dan maupun pengurangan,” katanya.

Dikatakan Andri, dari lima jorong yang ada di Nagari Bawan, jumlah KK miskinnya paling banyak terdapat di di Jorong Bawan, yang mana 222 KK. Mereka pada setiap bulan mendapat bantuan raskin sebanyak 15 kilogram.

Pengumpulan data KK miskin setiap satu kali empat bulan sangat erat hubu­ngannya dengan pendistribusian raskin. Pihaknya takut nanti ada oknum-oknum yang tidak berhak mendapatkannya berbuat ulah, sehingga menjadi penghalang dalam pendistribusian raskin itu.

Pendistribusian berikan kepada warga yang betul-betul berhak. Meskipun ditebus dengan harga Rp 26 ribu per 15 kilogram, tetapi mereka tidak merasa keberatan, sehingga selama dalam proses mendistri­busikan beras raskin ini tidak ada masalah yang timbul. (h/yat)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]