Dinas Ketahanan Pangan Siapkan Enam Program Unggulan


Sabtu, 23 April 2016 - 09:54:18 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kepala kantor Ketahanan Pangan, Kabupaten Limapuluh Kota, Gudian Laora menegas­kan, kantornya menyiapkan 6 program dan 27 kegiatan dalam tahun anggaran 2016 ini sesuai dengan visi misi bupati.

Program inovatif gerakan kemandirian pangan ini diimplementasikan dalam 3 bentuk kegiatan diantaranya, GIIPPS (Gerakan Integrasi Pemamfaatan Pekara­ngan dan Sektornya), GINA-MP (Gerakan Integritas Nagari Mandiri Pangan) dan GOCAP (Gerakan Otorisasi Cadangan Pangan).

Kakan Katahanan Pangan, Gusdian Laora, Kamis (21/4), saat dihubungi di ruang kerjanya menyebut, beberapa program yang disesuaikan tersebut antara lain, budaya segenggam beras dapat meningkatkan cadangan pangan berupa bahan pokok di level rumah tangga. Disusunnya program sesuai dengan visi misi kepala daerah itu berdasarkan Permendagri No 59/2007 dan Permendagri No 21/2001 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

“Seharusnya kita perlu menyikapi dengan program dan kegiatan yang me­ngarah kepada visi misi arah kebijakan dan sasaran strategis kepala daerah. Untuk itu kantor Ketahanan Pangan menyikapinya dengan mengajukan 6 program dan 27 kegiatan untuk tahun 2016-2021,” sebutnya.

Dikatakan, kebijakan ketahanan pangan diantaranya, ketersedian pangan dan kerawanan pangan dengan kegiatan pena­nga­nan daerah rawan pangan, begitu juga terkait program diversifikasi konsumsi pangan, salah satu kegiatannya adalah optimalisasi pemamfaatan pekarangan dan pelatihan pengolahan pangan lokal bagi kelompok masyarakat, terutama kelompok wanita.

Kemudian mengoperasionalkan pem­bangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan baik di tingkat nasional maupun ditingkat masyarakat. Pangan dalam arti luas mencakup pangan yang berasal dari tanaman, ternak dan ikan untuk memenuhi kebutuhan atas karbohid­rat, protein lemak dan vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan kese­hatan manusia.

Menurut dia, ketahanan pangan diarti­kan sebagai terpenuhinya pangan dengan ketersediaan yang cukup, tersedia setiap saat di tengah masyarakat dan mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau. Tujuannya adalah mening­katnya ketersediaan pangan, mengembang­kan diversifikasi pangan dan mengem­bangkan kelembagaan pangan, usaha pegelolaan pangan.

Sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah, tercapainya ketersediaan pangan di tingkat regional dan masyarakat yang cukup. “Kemudian, tugas Ketahanan Pa­ngan Limapuluh Kota yaitu mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan meningkatnya keaneka­ragaman konsumsi pangan masyarakat dan menurunnya ketergantungan pada pangan pokok beras melalui pengalihan konsumsi non beras,” ujarnya. (h/zkf)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]