Empat Wartawan Dharmasraya Ikut UKW


Sabtu, 23 April 2016 - 10:13:24 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Em­pat orang war­ta­wan yang bertugas di Kabu­paten Dha­r­­masraya, me­ngi­kuti uji kom­petensi wartawan (UKW), selama dua hari di Kota Padang yang digelar oleh PWI Sumbar.

Satu orang dari tiga peserta dari ta­nah mekar itu merupakan anggota PWI Kabu­paten Dharmasraya yaitu Drs. Syaf­rizal Yasin, MH dan tiga orang non PWI yaitu Novri Guntala, Habibi dan Yahya. Apabila ketiga orang tersebut lulus UKW, maka keanggotaannya sebagai anggota PWI Sumbar secara otomatis akan tercatat sebagai anggota muda.”Untuk peserta UKW sekarang ini dari luar keanggotaan PWI apabila lulus akan tercatat sebagai anggota muda PWI, hal ini merupakan keputusan PWI Sumbar,” ungkap Ketua PWI Kabu­paten Dharmasraya, Maryadi, SE, kepada sejumlah wartawan di Dharmasraya.

Dijelaskannya, UKW tersebut perlu dan sudah dapat dikatakan wajib diikuti oleh semua wartawan, karena Dewan Pers akan memberlakukan dan sudah mulai me­la­kukan persyaratan bagi wartawan yang belum UKW.

Sebagai contoh katanya, untuk mem­perpanjang kartu anggota PWI biasa, sudah wajib mengantongi sertifikat UKW, ke­mu­dian untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Powanas) yang akan digelar pada Juli mendatang di Jawa Barat,  juga harus mengantongi setifikat UKW, begitu pula untuk menjadi Ketua PWI juga harus mengantongi sertifikat UKW.

Apalagi kata Ketua PWI Kabupaten Dharmasraya pertama dan dua kali periode ini, nantinya Dewan Pers akan mem­berlakukan bagi wartawan yang tidak mengantongi sertifikat UKW, maka nara sumber boleh tidak melayaninya.”Dewan Pers sudah mulai mempersempit ruang gerak wartawan yang belum mengantongi sertifikat UKW,” imbuhnya.

Sedangkan untuk wartawan yang ber­tugas di Kabupaten Dharmasraya, baru sembilan orang yang mengantongi sertifikat UKW, apabila keempat wartawan yang mengikuti UKW saat ini lulus, maka jumlahnya bertambah menjadi 13 ora­ng.”Mudah-mudahan mereka lulus, karena yang di uji oleh Dewan Pers adalah tugas sehari hari pekerjaan seorang wartawan,” tukuk wartawan senior ini.

Ia juga mengajak semua wartawan yang bertugas di Kabupaten Dharmasraya untuk segera mengikuti UKW, apabila memang betul-betul akan menggeluti profesi warta­wan yang sebenarnya. (h/mg-bdr)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]