Pemko Bukittinggi Pacu Masyarakat Hadapi MEA


Sabtu, 23 April 2016 - 10:25:12 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Menyikapi tantangan pem­berlakuan Masyarakat Eko­nomi ASEAN (MEA), Pemko  Bukittinggi melalui Bagian Perekonomian menggelar sosialisasi kesiapan Bu­kit­tinggi dalam mengahadapi MEA, yang dilaksanakan di Aula Balaikota Bukittinggi, Kamis (21/4)

Sosialisasi yang diikuti 100 peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota yang diwakili Asisten II Ismail Djohar. Dalam sambutannya Ismail mengungkapkan ke­siapan masyarakat Bukit­tinggi dalam menghadapi pasar be­bas ASEAN memang harus ditingkatkan, terutama dalam hal kualitas sumber daya ma­nusia.

“Kita harus bekerja keras mempersiapkan diri untuk mengambil peran dalam pasar bebas ASEAN. Jika tidak, pasar Bukittinggi nantinya akan dipenuhi oleh produk luar negeri. Dan kita hanya sebagai penonton dan kon­sumen dari produk-produk tersebut,” ujar  Ismail.

Menurutnya,  negara-ne­gara lainnya di ASEAN telah lebih dulu mempersiapkan diri. Seperti Filipina yang telah mempersiapkan SDM mereka untuk bersaing di pasar Global. Lain lagi de­ngan Malaysia yang terus mengekspansi pasar ASEAN dengan produk mereka, se­perti mobil, makanan, dan alat teknologi lainnya. Sementara Singapura telah mempe­rsiap­kan diri sebagai Negara indus­tri yang memilki infrastruktur lengkap.

“Untuk menghadapi MEA bukan saja tanggung jawab pemerintah melainkan juga tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan, baik dari sektor industri barang dan jasa, sektor pendidikan dan sektor publik untuk dapat meningkatkan daya saing dan kompetensinya, sehingga kita tidak tergilas dengan pember­lakukan MEA tersebut,” ung­kap Ismail.

Hal yang sama juga dibe­narkan oleh salah seorang narasumber Dr. Rusda Khai­rati Idrus Hakimi. Akademisi Universitas Andalas ini meng­ungkapkan beberapa tanta­ngan Indonesia dalam meng­hadapi MEA. Diantaranya rendahnya infrastruktur, biaya logistik tinggi, kualitas SDM masih rendah, minimnya du­kungan terhadap usaha mikro dan masih tertinggalnya strukt­ur pertanian.

Sementara ketua pelak­sana Arlan menjelaskan, sosi­alisasi ini merupakan wujud peran pemerintah daerah dalam meningkatkan ke­sia­pan masyarakat dan pelak­u usaha dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. (h/tot)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]