Ratusan Layang-layang Dunia Ikut Festival Gandoriah


Sabtu, 23 April 2016 - 10:35:12 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Ratu­san layang-layang dengan berbagai kreasi akan tampil pada festival layang-layang kreasi internasional di Pantai Gandoriah Pariaman, tanggal 28 Mai sampai 1 Juni 2016.”Sampai sekarang sudah 5 negara dari luar negeri yang me­mastikan diri turut ambil bagian dalam festival tersebut. Ke lima negara selain Indonesia itu adalah, Swedia, Amerika (USA), Thai­land, Singapura dan Malaysia,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota pariaman, Efendi Jamal menja­wab Haluan, Kamis (21/4).

Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Pariaman ini, dan festival layang-layang itu berlang­sung siang sampai malam. Kalau malam hari layang-layang yang mengangkasa pakai cahaya pene­rang yang di pasang pada bahagian layangan. Sehingga terlihat ber­cahaya dan warna warni.

Selain festival, juga dilak­sanakan work shop layang-layang kreasi termasuk untuk para pelajar Sekolah Dasar dengan instruktur yang berpengalaman. Kegiatan ini dimaksudkan agar mereka nanti bisa membuat layang-layang kreasi pada alhirnya menjadi suatu pro­duksi yang dapat membawa peng­hasilan bagi mereka.

Festival layang-layang kreasi internasional tersebut, kata Efen­di Jamal yang didampingi Kasi Pema­saran Nesa Primadona, ada­lah ba­gian dari 10 kegiatan Fes­tval Pe­sona Gandoriah yang dige­lar pe­merintah Kota Pariaman tahun ini.

Dalamn festival tersebut juga ada lomba selaju sampan lomba beruk memanjat kelapa, lomba memasak bermacam jenis sala piaman, lomba kuliner gulai kapa­lo ikan, Surving, lomba lagu mi­nang, lomba video “Pesona Wisata Pariaman 2016” dan Gandoriah music Fiesta.

Persiapan untuk kegiatan su­dah dimatangkan, dengan instansi pendukung lainya, agar kegiatan berjalan lancar dan dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pariaman.

Sejalan dengan pelaksanaan festival, dilaksanakan bazar dalam bentuk pasar tradisional masya­rakat dengan lapak-lapak kuliner, kegiatan ini berlangsung selama festival berlangsung. (h/tri)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]