Wapres Apresiasi Stand Tanah Datar


Sabtu, 23 April 2016 - 10:53:29 WIB

TANAH DATAR, HALUAN —  Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla menyampaikan keinginnanya, agar hasil ke­raji­nan tangan Indonesia mampu menembus pasar Inter­nasio­nal. Hal tersebut dikatakan saat membuka pameran Inacraft 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Wapres mendorong mun­cul­nya Inovasi baru bagi pe­ngra­jin sesuai dengan selera pasar. “Kita ingin menjadikan suatu produk yang meng­hasil­kan nilai tambah ekonomi dan pen­da­patan, serta penghasilan ekspor yang baik, dibutuhkan produk yang sesuai dengan selera pasar. Penyesuaian sel­era itu, bisa dengan mengubah warna, se­hingga sesuai dengan trend di pasar dunia,” ujar Jusuf Kalla.

Pada agenda yang ber­lang­sung dari tanggal 20 hingga 24 April itu, Wapres mengingat­kan para pengusaha kerajinan tidak berpuas diri dengan hasil kerajinan yang diproduksi, untuk menembus pasar global diperlukan peningkatan kuali­tas, sehingga bisa bersaing dengan produk negara lain.

Selain kualitas, Kalla juga meminta para pengusaha ke­raji­nan untuk mencermati per­siapan harga dan kecepatan waktu pengiriman. Bila itu dilakukan, ia yakin produk kerajinan Indoneisa bisa ber­saing di pasar Internasional.

“Di sini disebutkan dari desa ke pasar dunia, artinya jangan berpikir tentang ke­suka­an kita, berpikirlah tentang kesukaan orang, itu baru bisa jadi pasar dunia,” ujarnya.

Wapres Jusuf  Kalla me­ngapre­siasi stand Tanah Datar yang menampilkan berbagai kerajinan, seperti Tenun Pandai Sikek, sulaman benang emas Sungayang, bordir Salimpaung dan Lima Kaum, serta sulaman Kapalo Samek.

Usai pembukaan Inacraft ke 18 tahun 2016 yang bertema keunikan Minangkabau ini, Wapres Jusuf  Kalla beserta istri didampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Gu­bernur DKI, Basuki Tjahaya Purnama dan pejabat tinggi lainya sempat mengunjungi stand Tanah Datar dan di­sambut langsung Wabup, Zul­dafri Darma, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Datar, Ny Emi Irdinansyah Tarmizi, Ny Retri Zuldafri Darma, Kepala Dinas Koperindagpastam, Ab­dul Hakim dan Kepala Dinas Budparpora, Marwan.

Inacraft 2016 yang di­se­leng­garakan pada 20-24 April itu diikuti oleh lebih dari 1.400 pengusaha kerajinan, baik pro­dusen maupun eks­por­tir dari 34 provinsi di Indo­nesia. Tak cuma peserta dalam negeri, Inacraft juga diikuti peserta pameran dari berbagai negara, yakni Singa­pura, Je­pang, Pakistan, Nepal dan Suriah. Dalam lima hari pen­ye­­lenggaraan, Inacraft ini ditargetkan mampu menye­dot 200 ribu jiwa pengunjung dan transaksi dagang mencapai lebih dari Rp.133 miliar. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]