Bangun Padang dengan Taat Pajak


Sabtu, 23 April 2016 - 11:15:23 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Pen­dapatan Daerah (Dipenda) Kota Pa­dang menggelar Sosialisasi dan Pe­nyuluhan Pajak Daerah, Kamis (21/4).

Kegiatan ini,  diikuti para wajib pajak dari enam jenis objek pajak yang dikelola Pemko Padang, yang dibuka oleh Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo.

Walikota mengatakan, kegiatan ini dinilai positif, karena memberikan ilmu pengetahuan kepada wajib pajak mengenai ketentuan pajak dae­rah. Se­hingga, para peserta me­ngetahui dan menerima informasi  sekaitan per­izinan usaha, penertiban  pajak daerah dan sebagainya.

“Wajib pajak me­ru­pa­kan pah­lawan pembangunan dalam mem­bangun kota yang  dicintai ini. Untuk itu, mari membangun Kota Padang dengan patuh dan taat membayarkan pajak daerah,” ujarnya.

Pajak daerah meru­pa­kan kom­ponen sumber dana Pen­dapatan Asli Daerah (PAD). Itu se­mua, be­r­kon­tribusi bagi pem­ba­ngunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat,  selaku wajib pajak semoga sadar akan kewajibannya dalam membayar pajak. Jangan ada yang berkilah, atau menghindar di waktu membayarnya,” imbuhnya.

Ia berharap,  Dipenda Kota Pa­dang  senantiasa mampu mengelola sumber  pendapatan daerah secara maksimal. Juga, memaksimalkan petugas yang melayani wajib pajak untuk bertindak profesional dan akuntabel.

“Semoga,  kegiatan ini akan memberikan kesamaan persepsi an­tara para wajib pajak dengan Pemko, sehingga meningkatnya kesadaran dan ke­patuhan wajib pajak dalam mem­bayar pajak daerah,” katanya. 

Pajak yang  telah disetorkan ke kas daerah, secara langsung membantu Pemko dalam mewujudkan ke­sejah­teraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Kepala Dipenda Kota  Padang Adib Alfikri menyebutkan, kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini dalam rangka mengoptimalkan visi dan misi Dipenda. Visinya yaitu, mewujudkan penerimaan PAD yang optimal me­lalui pelayanan prima dan profesional.

Diantara empat misi Dipenda, salah satunya meningkatkan pe­mahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya PAD sebagai sumber penerimaan daerah.

“Kegiatan ini bertujuan, untuk  memberikan pemahaman sekaligus penyamaan persepsi tentang ke­wajiban membayar pajak daerah bagi wajib pajak,”ujarnya.

Ia berharap, setelah ini tingkat kesadaran dan kepatuhan  wajib pajak  meningkat. Sehingga, target PAD dan pajak daerah yang dite­tapkan optimis bisa tercapai.

Ia  menambahkan, kegiatan ini diikuti wajib pajak dari enam jenis objek pajak yang dikelola oleh Pemko Padang. Di antaranya, wajib pajak hotel, restoran, reklame, hiburan, air tanah dan parkir.

“Kami  optimis,   bisa mencapai target pajak daerah di tahun 2016 ini. Dimana,  target  pajak daerah se­banyak Rp 295 miliar dan untuk PAD sebesar Rp 495 miliar,” ujar­nya. (h/ade)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 20:44:49 WIB

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT Angkasa Pura lI Bandara Internasional Minangkabau tergerak hati menyerahkan bantuan di saat mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Bantuan diserahkan kepada Pemerintah Kota Padang, Rabu (1/4/2020)..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:06:46 WIB

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mencarikan jalan keluarnya. Solusi jangka pendek, pada tahun ini menganggarkan 1 lokasi kubus apung yang .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 18:11:58 WIB

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi menyatakan perencanaan pembangunan diharapkan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat ini. Namun j.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 23:12:16 WIB

    Warga Berharap Pemko Segera Bangun SMP di Padang Sarai

    Warga Berharap Pemko Segera Bangun SMP di Padang Sarai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mendengar aspirasi warga melalui Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Inayah Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, baru-baru ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]