Dinas Ketahanan Pangan Akan Fokus Kemandirian Masyarakat


Sabtu, 23 April 2016 - 11:20:59 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kantor Keta­hanan Pangan Limapuluh Kota, tahun depan akan fokus untuk kemandirian pangan masyarakat. Diantaranya, kegiatan pengembangan na­gari mandiri pangan, opti­malisasi pemanfaatan peka­rang, penanganan pasca pa­nen, pengolahan pangan lokal dan penaggulangan daerah rawan pangan.

“Kita juga mewaspadai kelangkaan pangan di nagari serta penanggulangannya ter­masuk penanggulangan ca­dangan pangan Pemkab dan masyarakat. Sedangkan man­diri pangan itu melanjutkan kegiatan yang telah ada di sembilan nagari mandiri pa­ngan,” ungkap Kakan Ketaha­nan Pangan Limapuluh Kota, Gusdian Laora dalam per­cakapan dengan Haluan, Jum­at kemarin.

Menurut dia, aplikasi man­diri pangan ditargetkan pada delapan nagari dengan kegiatan. Diantaranya, Usaha Ekonomi Pedesaan (UEP), kegiatannya diintegrasikan dengan lintas program dan lintas SKPD.

Sehingga ke­giatan ini be­tul betul dapat men­sejah­terakan masyarakat Lima­puluh Kota sesuai de­ngan visi dan misi kepala daerah (2016-2021).

Disamping itu, digerakkan masyarakat untuk meman­faatkan pekarangan yang di­da­yagunakan sekaitan pening­katan ekonomi kerakyatan, sekaligus untuk pemenuhan kebutuhan pangan yang ber­gizi, beragam, berimbang dan aman.

Sedangkan sosialisasi pada masyarakat terus dila­kukan, baik secara langsung maupun melalui mitra kerja media cetak dan elektronik.

“Untuk pencegahan keku­rangan pangan masyarakat, kita akan aktifkan cadangan pangan yang ada di kelompok-kelompok, separti lumbung pangan maupun Lembaga Distribusi Pangan masyarakat (LDPM). Sampai sekarang sudah ada 17 sarana pangan dan cadangan pangan ma­syarakat,” ulas Gusdian Laora lagi.

Disisi lain, untuk rumah tangga akan membudayakan prilaku warga untuk berhe­mat pangan melalui bareh gang­gam yakni, menyisihkan beras segenggam sebelum memasak nasi. “Sehingga kesulitan rumah tangga da­lam penye­diaan pangan khu­susnya be­ras, akan bisa ter­tang­gulangi dengan meman­faatkan beras genggam itu,” pungkasnya. (h/zkf)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]