Banyak Warga Belum Dapat Air Bersih


Sabtu, 23 April 2016 - 11:25:55 WIB

Pariaman, Haluan — Masih banyak warga di Kota Pariaman yang belum ke­bagian layanan air bersih, terutama penduduk yang tinggal di daerah ketinggian dan sulit mendapatkan ma­ta air secara dangkal.

Kepala UPTD Air Ber­sih Kota Pa­riaman, Hendri, Jumat (22/4)mem­be­narkan hal demikian, dan pen­du­duk yang telah terlayani air bersih sampai sekarang totalnya sudah mencapai 63%.

Dijelaskan, kebutuhan air bersih yang sudah ter­layani oleh UPTD Air Ber­sih kalau di hitung ber­da­sarkan sambungan rumah, baru 110 Sambungan Ru­mah, PDAM Kabupaten Padang Pariaman Unit Kota Pariaman, mencapai lebih ku­rang 3.000 unit sam­bu­ngan dan Pamsimas dengan 1.000 SR.

Untuk melayani kebu­tuhan air bersih warga yang be­lum terpenuhi, peme­rintah kota terus berupaya un­tuk meningkatkan pela­yanan melalui penambahan jari­ngan-jaringan pipa induk dan memanfaatkan dana DAK.

Tahun 2016 melalui DAK warga di dua desa, masing-masing Toboh Pala­bah dan Kampuang Gadang masing-masing bakal men­d­a­pat sambungan rumah sebanyak 50 SR atau dengan anggaran sebesar Rp350 Juta. Sementara di Kam­puang Gadang, sambungan SR untuk 30 rumah atau dengan anggaran Rp199 Juta. “Kita dapatkan DAK untuk sambungan rumah gratis air bersih tersebut sebesar Rp 500 juta lebih. Dengan cara demikian seca­ra bertahap air bersih warga kota bakal terlayani secara optimal.

Warga yang dapat pela­yanan sambungan gratis rumah untuk air bersih ter­sebut adalah rumah ma­sya­rakat berpenghasilan ren­dah atau memiliki ru­mah sub­sidi. Kegiatan tersebut masih dalam proses lelang di ULP dan paling lama Mai berjalan kegiatan sudah mulai.

Menurut Hendri, pr­o­gram serupa sudah ada seja­k tiga tahun belakangan, namun kini dikelola oleh UPTD, tahun lalu diserahkan pe­ng­e­l­o­laanya ke desa melalui BPSPAM di desa.”Dalam pe­ma­sangan sambungan gra­tis tersebut, bila air ber­sihnya sudah mengalir ke rumah warga, bulananya tetap bayar retribusinya. Yang gratis itu hanya pe­masangan jari­ngan­nya s­aj­a,” jelas Hendri. (h/tri)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]