Gladi Posko untuk Antisipasi Letusan Gunung Marapi


Sabtu, 23 April 2016 - 11:36:09 WIB
Gladi Posko untuk Antisipasi Letusan Gunung Marapi DANREM 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fajri disambut Dandim Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro bersama Kapolres AKBP Irfa Asrul Hanafi, Kasi Intel Kejari Gema Wahyudi dan Staf Ahli Bupati. (FERRY MAULANA) ? PADANG

TANAH DATAR, HALUAN — Tanah Datar dalam kon­disi darurat, Gunung Ma­rapi meletus, status awas saat ini menjadi waspada, Dan­dim 0307 Tanah Datar Let­kol Arm Bagus Tri Kuntjoro selaku komandan tanggap darurat memerintahkan de­la­pan klaster diantaranya klaster logistik, kesehatan, evakuasi (SAR), Kam­tib­mas, Disaster Victim In­ves­tigasi (DVI), Media Center, hunian dan klaster tras­n­portasi untuk menyiapkan peralatan sesegeranya, se­lu­ruh instansi terkait ber­si­nergi untuk melakukan pe­nanggulangan bencana itu.

Proses  tersebut di­ung­kap­kan oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Bak­ti Agus Fajri melalui Kasi Ops Kolonel Inf Wawan Erawan kepada Haluan, Kamis (21/4) saat pe­nin­jau­an Gladi Posko I   di Ma­kodim 0307 Tanah Datar.

Agenda Gladi Posko itu, lanjut Kolonel Wawan, ada­lah rencana konfidensi apa­bila terjadi bencana, untuk itu instansi terkait agar mela­kukan latihan gabungan.

“Pada latihan ini lebih ditekankan pada melakukan prosedur antara komandan dan staf yang materinya tentang bencana Gunung Merapi serta antara stake holder terkait dengan pe­nang­gulangan bencana di Kabupaten Tanah Datar,” sebutnya.

Dikatakan, se Sumatera Barat, kegiatan tersebut dilakukan diempat daerah dan Tanah Datar yang per­tama, berikutnya akan di­ge­lar di Agam pada awal Mei dengan materi gunung m­e­letus, lalu Solok pada per­te­nga­han Juni dengan materi banjir dan terakhir sebelum puasa di Mentawai dengan materi tsunami, materinya sesuai kondisi daerah ma­sing-masing, sebut Wawan didampingi Kapenrem Ma­yor Kav Deswanto.

Pada agenda hari kedua itu, Danrem juga meninjau kegiatan dan memberikan arahan kepada stake holder yang sedang latihan tersebut.

Nanti latihan yang me­libat­kan 25 orang perwira TNI sebagai peserta dan 35 orang pengendali, wasit penilai serta instansi terkait itu akan menggelar latihan gabungan dengan Sumbar.

Sementara, Dandim 03­07 Tanah Datar Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro meng­harap­kan, agenda itu dapat dijadikan sebagai ajang un­tuk latihan dan menimbah ilmu sehingga ketika terjadi bencana kesiapan personil dalam melakukan tugas so­sial dapat berjalan mak­simal. “Latihan ini ber­tujuan menguji kerjasama dan koordinasi serta pro­sedur hubungan antara ko­man­dan dengan staf, untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam memegang komando, kemudian pra­jurit dapat mengantisipasi kondisi tidak kondusif yang terjadi di lapangan,” sebut Dandim Bagus.

Dikatakan, dalam lati­han tiga hari itu akan me­nga­sah kemampuan peserta latihan dalam berbagai per­masa­lahan untuk melak­sanakan tugas komando serta akan menciptakan prajurit yang profesional. Ia meng­harap­kan dengan be­kal tersebut setelah di­apli­kasikan dila­pangan nanti akan membawa hasil yang sesuai prosedur, sebut Dandim.

Peninjauan Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI BAkti Agus Fajri ke Kodim 0307 Tanah Datar itu juga didampingi Kasi Ops Ko­lo­nel Inf Wawan Erawan, Ka­pan­rem Mayor Kav Des­wanto, Pasi Renprogar Ma­yor Defy Deflijun serta ang­gota Korem lainnya. (h/fm)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]