Baznas Agam Bantu 205 Mustahik


Sabtu, 23 April 2016 - 11:44:50 WIB
Baznas Agam Bantu 205 Mustahik SERAHKAN BANTUAN - Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Agam, Isman Imran saat meyerahkan bantuan berupa gerobak sate kepada salah seorang mustahik. (DAYAT)

Agam, Haluan — Sebanyak 205 mustahik yang tersebar di lima keca­matan pada wilayah Agam Barat menerima zakat dari Badan amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Jumat (22/4). Penyaluran pada kesempatan itu lebih kurang mencapai Rp348.886.000.

Penyerahan zakat tersebut lang­sung dilakukan oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto, di dampingi Kepala Kemen­terian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam, Hendri Buchari dan Ketua Baznas Kabupaten Agam, Isman Imran.

Dalam kesempatan itu, Baznas Agam juga memberikan bantuan gerobak sate kepada Firdaus, salah seorang mustahik. Peyaluran zakat bakal dilanjutkan, Sabtu (23/4) kepada 110 mustahik yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di daerah itu, di kantor Baznas Agam belakang balok, Bukittinggi, 

Dalam kesempatan itu Plt Sekre­taris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto, memotivasi mustahik untuk bisa mempergunakan dana tersebut sehingga pada masa mendatang bisa menjadi seorang muzakki atau seorang wajib zakat. “Zakat yang telah diterima untuk usaha yang produktif hendaknya bisa dimaksimalkan sehingga pada masa mendatang ia mampu pula berzakat,” katanya.

Menurutnya, sejuah ini Baznas sangat banyak memberikan manfaat bagi mustahik. Ia juga menginginkan agar mustahik saat ini tidak terus bergantung kepada Baznas. Sebab, dana yang berada di Badan Amil Zakat tentu tidak bisa diterima secara terus menerus oleh seorang mustahik, kare­na masih ada keluarga lain yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua Baznas Ka­bu­paten Agam, Isman Imran mengajak para Muzakki untuk senantiasa me­nyalurkan zakatnya melalui BAZ. Selain itu, mustahik diharapkan bisa menggunakan dana ZIS sebaik mung­kin. “Pergunakan dana ini sebaik-baiknya mungkin, sesuai dengan kebu­tuhan seperti peralatan atau per­lengkapan sekolah anak, berobat dan sejenisnya,” kata Isman.

Menurutnya, saat ini Baznas Agam semakin dipercaya oleh para muzakki sebagai badan pengelola zakat, karena menyalurkan zakat secara rutin. Ia juga mengajak para perantau agar menyalurkan zakatnya ke Baznas Agam sebagai lembaga pengelola, agar dana zakat yang kita salurkan tepat sasaran.  (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 April 2020 - 18:51:35 WIB

    BAZNas Padang Pariaman Bagikan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

    BAZNas Padang Pariaman Bagikan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama Ketua BAZNAS Padang Pariaman Syamsuardi Surma membagikan paket sembako di Nagari Buayan Kecamatan Batang Anai. Selain itu, BAZNAS Padang Pari.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 19:19:57 WIB

    Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman

    Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah, S.Ag, MH, akhirnya dilantik sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sisa masa jabatan 2016-2021..
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 15:14:38 WIB

    Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas

    Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas AROSUKA, HARIANHALUAN,COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok kembali menyalurkan bantuan bagi keluarga kurang mampu di daerah itu. Bantuan tersebut berupa kursi roda bagi anak disabilitas dan bantuan berobat.
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 16:23:45 WIB

    Baznas Pessel Bantu Keluarga Korban Tanah Longsor di Bayang

    Baznas Pessel Bantu Keluarga Korban Tanah Longsor di Bayang PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp2 juta kepada keluarga  Irdin (61), yang merupakan korban tanah longsor di Nagari Aur Begalung,.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 20:55:21 WIB

    Baznas Padang Pariaman Distribusikan Rp6 M Zakat untuk Mustahiq

    Baznas Padang Pariaman Distribusikan Rp6 M Zakat untuk Mustahiq PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Baznas Kabupaten Padang Pariaman telah mendistribusikan zakat ASN sebesar Rp6 miliar lebih kepada mustahiq atau penerima..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]