Pengalihan 7.000 Guru SMA Riau Sedot Rp606 Miliar


Senin, 25 April 2016 - 03:04:05 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidi­kan dan Kebudayaan Provinsi Riau menga­takan anggaran untuk 7000 guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK yang totalnya menjadi sekitar Rp606 miliar diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Hal itu disebabkan pengalihan kewe­nangan pengelolaan SMA/SMK dari kabu­paten kota ke Provinsi. Sebelum Juni pemberkasannya akan diserahkan ke Ke­menterian Keuangan RI.

“Kalau jumlah pegawai guru PNS, GTK namanya itu totalnya 7000 dari seluruh kabupaten kota di Riau dengan anggaran DAU Rp606 miliar,”kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Provinsi Riau Kamsol di Pekanbaru, Sabtu (23/4).

Dikatakannya seluruh guru negeri dibayar dengan dana alokasi umum sedang untuk hononer menjadi kebijakan masing-masing sekolah. “Perbandingan guru negeri dengan guru swasta itu ada 49:51, 49 persen guru negeri dan 51 persen guru swasta,” ujarnya.

Pihaknya menilai jika melihat kebutuhan secara nyata dengan perbandingan ratio tersebut ternyata tenaga pengajar daerah setempat berlebih. “Honor daerah saja ada 2000 lebih, ada honor tersebut yang diangkat oleh SK bupati dan ada yang diangkat melalui SK Gubernur,” kata dia me­nam­bahkan.

Adalagi, kata dia, yang namanya guru komite yang merupakan guru bantu yang diangkat karena kebutuhan masing-masing sekolah tersebut.”Jadi sekolah itu keku­rangan guru, mereka ngambil kadang dibayar pakai uang komite sekolah, kadang dari dana hibah jadi sekolah adakan kegi­atan duit terkumpul buat bayar guru-guru itu,” lanjutnya. (h/ant/dar)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]