Kampung Madani Program Unggulan Pemko Pekanbaru


Senin, 25 April 2016 - 03:04:59 WIB
Kampung Madani Program Unggulan Pemko Pekanbaru Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus menyerahkan bantuan kepada warga di sela-sela meninjau Kampung Madani di Jalan Sumber Sari, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh.

PEKANBARU, HALUAN —Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini memiliki program ung­gulan yakni ‘ Kampung Ma­dani’ sebagai terobosan untuk pemberdayaan masyarakat da­lam rangka mewujudkan visi menjadikan Pekanbaru sebagai kota metropolitan madani.

Program yang sebelumnya telah dilaksanakan 2015 lalu, kembali dilanjutkan karena masyarakat menilai program itu positif.

WaliKota Pekanbaru, Dr Firdaus menerangkan, sejak pertama kali dilaksanakan, program Kampung Madani sangat efektif karena dapat dijadikan  wadah komunikasi, interaksi dan silaturahmi anta­ra aparatur pemerintah dengan masyarakat.

“Kita ingin bersama-sama dengan warga melaksanakan berbagai kegiatan sosial dalam program Kampung Madani, selain itu dapat dijadikan seba­gai tempat bertukar pendapat, terutama dalam peningkatan taraf perekonomian masyara­kat Pekanbaru,” ujar Wako.

Selain itu, Pemko juga ber­mak­sud memberikan pening­katan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Pekanbaru, pasalnya dalam pelaksanaan program juga diiringi dengan  diadakannya pustaka keliling.

 Sejumlah program yang telah digagas orang nomor satu di Pekanbaru itu merupakan bentuk bentuk keperdulian dan kecintaan terhadap daerah, guna mengembangkan kebu­dayaan Melayu di Kota Pe­kanbaru khususnya.

“Pemerintah Kota Pe­kan­baru telah menyurati seluruh hotel, restoran dan rumah makan, agar membuat suasana tempat usahanya dengan nu­ansa Melayu. Seperti adanya iringan musik Melayu, ukiran dan makanan khas. Selain itu, tempat usaha juga harus mem­buat paket perjalanan ke dae­rah Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pakanseka­wan).

Sudah seharusnya di mana pun kita berdiri, mesti mengi­kuti adat istiadat kebudayaan di daerah itu. Misalnya di Pe­kanbaru, dapat tunjukkan de­ngan pakaian Melayu sopan dan santun,” pungkas Firdaus.

Wako juga menyebut kalau Pekanbaru merupakan mini­atur Indonesia yang memiliki masyarakat yang beragam, baik dari sisi agama, suku maupun bahasa. Meski begitu, sebutnya, ketika berada di Bumi Melayu, Kota Pekanbaru, masyarakat tersebut harus tahu dapat me­nyesuaikan dengan tradisi ke­bu­dayaan Melayu.

“Seluruh masyarakat bebas menyampaikan pertanyaan dan aspirasi, kami sebagai pemim­pin daerah siap menjawab dan menampung dan mencarikan solusinya. Baik tentang pere­konomian yang tercakup dibi­dang usaha, koperasi, maupun bidang pendidikan dan pem­bangunan infra struktur,” kata wako, saat kegiatan Kampung Madani di Jalan Sumber Sari, Kelurahan Tanjung Rhu, Keca­matan Limapuluh, belum lama ini.

Sementara itu Camat Lima­puluh, Akmal Wadi menga­takan, kegiatan Kampung Ma­dani sangat baik dilaksanakan karena sesuai dengan program yang salah satunya adalah un­tuk mempersatukan masyara­kat, terlebih untuk mendukung Pekanbaru menuju kota Met­ropolitan yang Madani.

“Dengan adanya acara kam­pung madani ini bisa mem­perkokoh dan menyatukan umat, sebab salah satu ciri kota madanimemiliki masyarakat disiplin, ramah, bergotong royong dan bertoleransi antar sesama. Sehingga semua yang diharapkan bisa tercapai,” pungkasnya.  (h/hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 April 2020 - 16:36:43 WIB

    Balai Kaliki, Objek Wisata Baru Perkampungan Adat Minangkabau

    Balai Kaliki, Objek Wisata Baru Perkampungan Adat Minangkabau PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bagi Anda pencinta wisata adat dan sejarah, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kampung Adat Balai Kaliki Kanagarian Koto Nan Gadang, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. .
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 17:31:19 WIB

    Keren..! Kampung Wisata SARUGO Jadi Smart Branding Kabupaten Limapuluh Kota

    Keren..! Kampung Wisata SARUGO  Jadi Smart Branding Kabupaten Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM-Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan kegiatan Sosialisasi Smart Branding terhadap lokus Kampung Wisata SARUGO (Saribu Gonjong) Jorong Sungai Dadok..
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 03:59:43 WIB

    6 Kampung Dimasuki Gajah

    6 Kampung Dimasuki Gajah SUNGAI MANDAU, HALUAN — Permasalahan gajah liar masuk kampung, mendapatkan penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak..
  • Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:47:59 WIB

    Warga Kampung Langkai Dambakan Listrik

    SIAK, HALUAN — Menye­dihkan, dari tahun ke tahun hingga kini sudah tahun 2016, penantian warga yang tidak jauh dari kota Siak akan listrik dan air bersih dari PAM be­lum juga terwujud..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:53:35 WIB

    13 Kampung Belum Dialiri Listrik

    SIAK, HALUAN — Rasio Elektrifikasi atau akses listrik per 31 Desember 2015 di Kabupaten Siak sudah mencapai 60,77 persen. Angka ini sudah mencapai target yang ditetapkan dalam RPJMD..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]