Jembatan Terpanjang Karimun Diresmikan


Senin, 25 April 2016 - 03:05:30 WIB
Jembatan Terpanjang Karimun Diresmikan Jembatan terpanjang di Kabupaten Karimun yang menghubungkan Pulau Sugie Kecil dengan Pulau Pauh akhirnya diresmikan penggunaannya, Jumat (22/4) oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

KARIMUN, HALUAN  —Jembatan terpanjang di Ka­rimun yang menghu­bung­kan Pulau Pauh-Moro di Kecamatan Moro akhirnya diresmikan Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Pe­res­mian itu ditandai dengan pengguntingan pita, Jumat (22/4) siang. Jembatan yang diberi nama Pamor (Pauh-Moro) oleh Masyarakat Moro itu memiliki panjang 464 meter dengan lebar 4 meter.

Usai pengguntingan pi­ta, Nurdin Basirun yang didampingi Danrem 033/WP Brigjen TNI Madsuni, Bupati Karimun Aunur Ra­fiq dan Wakilnya Anwar Hasyim beserta pejabat di Kepri dan Karimun lainnya serta ribuan masyarakat Moro berjalan di sepanjang jembatan yang membelah lautan Moro dan Pauh ter­sebut.

Kata Nurdin, jembatan tersebut salah satu impian almarhum H Muhammad Sani yang ingin merangkai pulau di Karimun dan Kepri melalui konektivitas antar pulau. Dengan terbangun­nya konektivitas antar pu­lau, maka perekonomian masyarakat Karimun dan Kepri secara keseluruhan juga akan meningkat.

“Jembatan ini dibangun untuk memudahkan akses transportasi sebagai peng­hubung masyakat Pauh dan Moro. Dengan adanya jem­batan ini, tentu saja akan menggairahkan pereko­no­mian masyarakat. Tapi yang terpenting sebenarnya bu­kanlah bentuk fisik jem­batan ini, melainkan men­jaga jembatan hati antara sesama masyarakat,” tutur Nurdin. 

Kepala Dinas Perhu­bungan Karimun Aryandi mengatakan, jembatan Pa­mor tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp20,390 miliar yang didanai melalui APBD Karimun sejak 2013 -2015. Dengan rincian, pada 2013 dianggarkan sebesar Rp4,3 miliar. Kemudian, dilanjutkan pemba­ngunan­nya pada 2014 dengan alo­kasi anggaran Rp6,1 miliar. Sisanya sekitar Rp9 miliar lebih didanai menggunakan APBD 2015.

Aryandi menyebut, di bagian tengah jembatan sengaja dibuat melengkung agar bisa dilewati kapal-kapal nelayan. Untuk pe­nerangan jembatan itu, pi­haknya sudah memasang lampu disisi kiri dan kanan  yang menggunakan Pem­bang­kit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kerjasama dengan Dinas Pertambangan dan Energi.

Dijelaskan, perairan yang berada di bawah jem­batan bukanlah alur pela­yaran. Jadi, tiang penyangga jembatan yang cukuo rapat tidak akan mengganggu lintasan kapal. “Saya sudah tanya sama masyarakat Mo­ro, apakah perairan itu alur pelayaran, mereka jawab tidak. Jadi, tiang jembatan tidak akan mengganggu pelayaran, karena perairan itu tidak pernah dilintasi kapal,” jelasnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengusulkan kepada masyarakat Moro untuk menambahkan nama Nur­din Basirun sebagai peng­gagas berdirinya jembatan Pamor tersebut. Tambahan nama itu bisa saja diletakkan di depan ataupun belakang nama Pamor, misalnya na­ma Nur Pamor yang berarti Nurdin Rafiq Pauh Moro atau bisa juga Sanur Pamor yang artinya Sani Nurdin Pauh Moro.

“Itu hanya usulan saya saja. Kalau masyarakat Mo­ro berkenan silakan dipakai nama itu, kalau tidak juga tak apa-apa. Namanya saja usulan. Tapi, alangkah baik­nya untuk mengenang nama penggagas ataupun orang yang telah berjasa mem­bangun jembatan itu diaba­dikan namanya disana,” terang Rafiq.

Aunur Rafiq juga me­nye­but, setelah pemba­ngu­nan jembatan Pauh-Moro maka ke depan pihaknya juga berencana akan mem­bangun jembatan yang meng­hubungkan Moro de­ngan Pulau Jang yang berjarak hanya sekitar 100 meter. Kemudian, pihaknya juga akan mewacanakan pem­bangunan jembatan peng­hubung Pulau Sugie dan Pulau Keban.

“Jika jembatan Pauh-Moro dengan panjang 464 meter saja bisa dibangun, tentu saja jembatan Moro dan Pulau Jang yang hanya berjarak sekitar 100 meter juga bisa dibangun. Ma­syarakat Moro tak usah khawatir, 5 tahun ke depan akan kita anggaran pem­bangunan jembatan Jang-Moro dan Sugie-Keban,” pungkas Rafiq.

Selain meresmikan jem­batan Pauh-Moro, Plt Gu­bernur Kepri Nurdin Ba­sirun saat itu juga meres­mikan pembangunan Pela­buhan Kargo Hang Lukut di Gelugur dan peresmian Ta­man Bacaan Karimun Ma­dani di Kecamatan Moro. Kedatangan orang nomor satu di Kepri ke Moro itu juga dalam rangkaian sila­turahim setelah pelaksanaan pilkada tahun lalu. (h/ham)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:21:50 WIB

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kemolekan arsitektur jembatan kabel kebanggaan Dharmasraya yang berdiri kokoh di sungai dareh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah, memasuki liburan akhir pekan menjadi tem.
  • Jumat, 29 April 2016 - 03:32:53 WIB

    Tiga Jembatan Lagi Dibangun di Moro

    KARIMUN, HALUAN—Setelah sukses mem­bangun jembatan Moro-Pauh yang menghu­bungkan Pulau Sugie Kecil (Moro) dengan Pulau Pauh di Kecamatan Moro dengan panjang 464,75 meter yang diresmikan Plt Gubernur Kepri Nur­din Basirun.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 03:40:38 WIB
    Tak Disertai RKA

    Jembatan Siak IV Ditolak

    PEKANBARU, HALUAN—Plt Sekdaprov Riau, M Yafiz, mengungkapkan, pihaknya tidak bisa memasukkan anggaran pembangunan Jem­batan Siak IV dalam APBD Riau 2016. Hal itu disebabkan Dinas Bina Marga memasukkan anggaran tersebut dal.
  • Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:47:43 WIB

    Jembatan Kuntodarussalam Tak Kunjung Dibangun

    PENGARAIAN, HALUAN — Sejak ambruk diterjang banjir pada Senin 8 Februari 2016 lalu, tiga jembatan yang menghubungkan antara desa dan kecamatan di Kecamatan Kuntodarussalam, hingga saat ini tak kunjung dibangun. Akibatnya, s.
  • Senin, 26 Januari 2015 - 19:01:04 WIB

    Jembatan Siak III Layak Digunakan

    AUDIT SIAK IV TUNTAS

    PEKANBARU, HALUAN — Setelah hampir sebulan pascauji beban, Pusat Studi Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum akhirnya menyatakan Jembatan Siak III la.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]