Membahayakan Warga, Personil Damkar Pangkas Pohon


Senin, 25 April 2016 - 03:08:56 WIB
Membahayakan Warga, Personil Damkar Pangkas Pohon Personil Damkar Kota Padang Panjang ketika melakukan pemangkasan pepohonan yang membahayakan rumah warga di Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat. (APIZ JACKSON)

PADANG PANJANG, HALUAN— Tidak hanya melakukan sosialisasi tentang antisipasi dan penanganan kebakaran kepada masyarakat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Padang Panjang, juga turun langsung membantu masyarakat untuk memangkas pepohonan yang dapat membahayakan rumah masyarakat.

Seperti yang dilakukan UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat, ketika membantu memotong po­hon yang dianggap mem­bahayakan rumah Leni, sa­lah seorang masyarakat di Kelurahan Balai-Balai Ke­ca­matan Padang Panjang Barat, Rabu kemarin.

Kepala UPT Damkar Ko­ta Padang Panjang Ka­si­min ketika dihubungi me­nye­but­kan, kegiatan pene­bangan pohon yang dilak­sanakan tersebut, meru­pakan per­mintaan warga kepada pihak Damkar, ka­rena bisa mem­bahayakan rumah warga.

“Ketika kami tinjau ke lapangan, pohon yang bera­da di belakang rumah warga itu sudah sangat mem­baha­yakan, apabila dilanda angin kencang atau badai. Apa­lagi, jika mengenai tiang listrik, bisa memicu keba­karan,” sebut Kasimin.

Dikatakannya, pihaknya akan siap membantu masya­rakat yang ingin menebang kayu atau memangkas pepo­hohan yang membahayakan rumah warga, asalkan mela­lukan koordinasi dengan pi­hak kelurahan dan pihak tata kota jika pohon yang akan dipangkas tersebut merupa­kan pohon pelin­dung kota.

“Kita dalam melakukan penebangan pohon tersebut, juga membuat perjanjian dengan pihak pemohon un­tuk tidak akan saling menuntut, jika ada barang-barang sipemilik rumah yang terkena imbas dari penebangan pohon tersebut. Yang penting, kita akan mengusahakan, tidak me­nimbulkan kerusakan atau kerugian bagi si pemilik rumah,” ungkap Kasimin.

Kasimin juga menye­butkan, bagi masyarakat yang ingin meminta tolong kepada pihak Pemadam Kota Padang Panjang untuk melakukan penebangan ka­yu, bisa mendatangi lang­sung kantor Damkar yang beralamat di Kelurahan Pasar Usang atau mema­sukkan surat permohonan.

Sementara itu, Leni, si pemilik rumah yang me­minta bantuan kepada Dam­kar untuk menebang pepohonan yang mem­baha­ya­kan rumahnya menga­takan, dirinya mengaku sa­ngat tertolong dengan ban­tuan dari personil Damkar tersebut. Apalagi, jika ada angin kencang atau badai, dirinya selalu dihantui keta­kutan akan pohon tumbang ataupun gangguan lain yang bisa membahayakan dia dan seluruh penghuni rumah.

“Untuk menebang sen­diri, ka­mi tentu tidak sang­gup ka­rena pohonnya sudah besar dan tinggi. Dengan dibantu per­sonil Damkar ini, kami ti­dak was-was lagi jika terjadi angin kencang ataun  anca­man pohon tum­bang,” ung­kap­nya. Pemangkasan pohon yang di lakukan Kasimin beserta jajarannya seusai kegiatan olahraga personil Damkar tersebut, meng­gunakan chainsaw mene­ngah dan kendaraan pick up untuk proses pemindahan kayu-kayuan sisa dari proses penebangan.(h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]