Bank Nagari Dukung “Alek” Pacu Itik


Senin, 25 April 2016 - 03:21:05 WIB

Limapuluh Kota, Ha­luan — Persatuan Olahraga Terbang  Itik (Porti) Luak Limopuluah kembali meng­gelar alek pacu itik. Bukan berpacu dalam kecepatan berlari melainkan saling ber­pacu dalam kecepatan terbang di udara. Kegiatan ini men­dapat dukungan dari Bank Nagari cabang Pa­yakumbuh.

Alek pacu itik ini, cukup unik. Pasalnya, tidak semua itik yang bisa mengikuti lom­ba tahunan Luak Limopuluah ini. Pacu itik, hanya  diikuti oleh itik-itik yang sudah terlatih terbang.

“Ada puluhan itik yang sudah terlatih ikut pacu itik ini,”ucap Arya Agusman salah seorang pengurus Porti Luak Limopuluah saat be­r­langsungnya alek pacu itik di Nagari Tanjuang Aro Sikabu-Kabu Padang Panjang pada Minggu (24/4) kemarin.

Pacu itik yang digelar pada Minggu kemarin, mer­u­pakan alek yang ke-7 digelar Porti Luak Limopuluah pada tahun ini. “Di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Ko­ta ada 10 gelanggang pac­uan. Setiap pekan, alek ini digelar secara bergantian dimasing-masing gelanggang hingga 10 pekan la­ma­nya,” jelasnya.

Ke-10 gelanggang ter­sebut, terdiri dari 5 di Kota Pa­yakumbuh dan 5 di Ka­bupaten Limapuluh Kota. Di Kota Payakumbuh, meliputi Padang Cibodak, Aua Ku­niang, Tigo Balai, Tunggu Kubang dan Bodi.

Sedangkan di Kabupaten Limapuluh Kota meliputi Tanjuang Aro, Sikabu-Kabu, Rageh, Padang Panjang dan Padang Laweh. Dijelaskannya lagi, alek pacu itik sengaja digelar. Bahkan sudah jadi tradisi masyarakat Luak Li­mo­puluah semenjak ratusan tahun lalu.”Kegiatan ini ja­ngan sampai punah. Bagai­manapun harus diles­tari­kan,”terangnya lagi.

Bahkan, pacu itik juga sudah menjadi ikon budaya Kabupaten Limapuluh Kota maupun Kota Payakumbuh. Pacu itik sering jadi ajang pembukaan dalam kegiatan ceremonial. Seperti pada iven Tour de Singkarak, Hut Kota Payakumbuh, pawai daerah serta kegiatan lainnya.

Sementara, Bank Nagari Cabang Payakumbuh turut mendukung  kegiatan budaya Luak Limopuluah tersebut. “Kegiatan ini harus diles­tarikan.Pacu itik juga kebang­gaan kita bersama Luak Li­mo­puluah,”ucap Epi Muluk Wa­kil Kepala Bank Nagari Ca­bang Payakumbuh. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:22:33 WIB
    OPEN TOURNAMENT BRIDGE (OTB) ENGINEERING CUP X

    Bank Nagari Raih Dua Gelar Juara

    Bank Nagari Raih Dua Gelar Juara PADANG, HALUAN — Bank Nagari keluar sebagai juara II dan III dalam Open Tour­na­ment Bridge (OTB) Engi­nee­ring Cup X di Aula Kedokteran Gigi Universitas Andalas (Unand), Jati, Sabtu-Minggu (15-16/10). Hasil itu sangat.
  • Senin, 21 Maret 2016 - 04:25:26 WIB

    Hafta Saputra Juara Golf Bank Nagari

    Hafta Saputra Juara Golf Bank Nagari PADANG,HALUAN — Hafta Saputra menjuarai Turnamen Golf Executive HUT ke-54 Tahun Bank Nagari di La­pangan Golf Wira Braja Putri Gardena Golf and Resort Padang, Minggu (20/3) ke­marin. Dalam turnamen golf yang diikuti seban.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]