Sikat Maksiat di Pasbar

Puluhan Wanita Pekerja Kafe Diciduk


Senin, 25 April 2016 - 03:32:27 WIB

PASBAR, HALUAN — Puluhan wanita pekerja kafe dan beberapa pengunjung di sejumlah kafe dan karoke di kawasan Pasaman Barat dirazia dan digeledah oleh anggota Polres Pasaman Barat. Razia tersebut seiring de­ngan maraknya penggunaan dan peredaran narkoba di Pasaman  Barat, serta me­ning­katnya aksi kemaksiatan Penyakit Masya­rakat (Pekat), Sabtu (23/4).

Razia narkoba dan pekat tersebut, dilakukan secara serentak. Puluhan personil Polres Pasaman Barat yang terbagi dalam beberapa tim menyisir seluruh tempat hiburan malam dan karoke. Saat razia petugas tidak menemukan adanya pen­yalah­gunaan narkoba, na­mun sekitar tujuh puluh pengunjung dan pekerja kafe diamankan dan digelandang ke Mapolres Pasbar.

Kapolres Pasaman Ba­rat, AKBP Toto Fajar Pra­setyo kepada Haluan me­nga­takan, razia ini dimasud­kan untuk menjaga Kam­tib­mas di wilayah hukum Pol­res Pasaman Barat. Disisi lain, langkah ini diambil sebagai bentuk pencegahan peredaran narkoba dan per­daganggan manusia, ter­masuk memperkerjakan anak di bawah umur.

“Saat ini kita berhasil menga­mankan dan mendata seki­tar tujuh puluh penggunjung dan pekerja kafe yang tidak bisa menunjukan identitas. Selain mendata kami juga memberikan pengarahan,” ujarnya.

Toto Fajar menambah­kan, dalam razia ini. Seluruh pengunjung dan pekerja di periksa oleh anggota. Pe­merik­saan tersebut dimak­sud­kan untuk mengetahui apakah diantara pengunjung dan pekerja terlibat dengan penyalahgunaan narkoba. Namun, sejauh ini petugas belum menemukan hal yang dimaksudkan.

“Kami meminta semua pemilik kafe agar mem­berikan semua data dan jumlah pekerja atau ka­ria­wan mereka kepada petugas. Tujuannya jika terjadi yang tidak inginkan kami bisa mengambil tindakan, sebab sebagian besar pekerja kafe dan karoke berasal dari luar daerah,” tambahnya.

Setelah di kumpulkan di Mapolres Pasaman Ba­rat, puluhan pekerja dan pe­ngun­jung beserta pe­mi­lik kafe di ajak berdiskuksi oleh jajaran Polres Pa­saman Ba­rat. Dalam dis­kusi tersebut, petugas me­nghimbau semua elemen termasuk pemilik dan pe­kerja kafe ikut andil dalam pemberantasan nar­koba di Pasaman Barat.

Langkah yang dapat di­am­bil adalah dengan mem­berikan laporan kepada pe­tugas jika melihat adanya aksi penyalahgunaan nar­koba di kafe atau tempat hiburan lainnya. Sebab, se­lama ini tempat hiburan sering kali dijadikan oleh tersangka penyalahgunaan narkoba untuk menjalankan bisnis atau sekedar meng­konsumsi narkoba.

Setelah berdiskusi pe­tugas mengembalikan se­mua pekerja dan pengun­jung kepada pemilik kafe. Sejauh ini pihaknya belum menemukan pelaku pen­yalah­gunaan narkoba, atau penyakit masyarakat lain­nya. (h/fad)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]