Universitas Baiturrahmah Perketat Penerimaan Mahasiswa Baru


Senin, 25 April 2016 - 03:38:11 WIB

PADANG, HALUAN — Memasuki tahun ajaran baru 2016-2017 Fakultas Kedokteran Universitas Baitur­rahmah akan memperketat seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Para mahasiswa baru akan menjalani tes psikologi. Rektor Universitas Baiturrahmah Prof Ir Firdaus Rivai, MSc, Sabtu (24/4) saat mewisuda 206 lulusan pada Wisuda LVIII Baiturrahmah di auditorium kampus tersebut mengatakan, pem­ber­lakukan tes ini terkait dengan kuota penerimaan mahasiswa baru yang berhubungan dengan persentase lulusan ujian kompotensi dokter.

“Menghadapi tahun ajaran baru berbagai per­siapan telah dilakukan, termasuk juga mempedomani berbagai peraturan yang dikeluarkan oleh Men­ristekdikti yang pada dasarnya membatasi jumlah penerimaan mahasiswa baru,” ucapnya.

Peraturan tersebut antara lain, menyesuaikan penerimaan mahasiswa baru dengan peringkat akreditasi dari prodi, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen. Hal lain yang dianggap berat adalah persaingan penerimaan mahasiswa baru dengan prodi sejenis antar PTS yang berbeda.

“Terutama persaingan antar prodi kesehatan masyarakat, ekonomi dan kebidanan. Namun demikian, jumlah penerimaan mahasiswa baru kami boleh dikatakan stabil yakni lebih kurang 500 orang. Hal lainnya yang diingatkan Menristekdikti adalah adanya persyaratan tambahan seperti bebas narkoba, terhindar dari radikalisme dan bukan golongan dari LGBT,” tambah Firdaus.

Dengan terbitnya keputusan Menristekdikti ini, menurut pimpinan Baiturrahmah ini, ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Seperti, kegiatan penelitian oleh dosen yang merupakan salah satu tugas akademik dalam tridharma perguruan tinggi. Artinya, setiap dosen harus melakukan penelitian setiap tahunnya. Untuk menggairahkan dan mening­katkan lagi kegiatan penelitian tersebut, sebelumnya sudah dilakukan lokakarya yang dihadiri oleh 63 orang dosen tetap.

“Hal lainnya adalah kualitas kegiatan mahasiswa yang harus lebih maksimal, dan yang lainnya mengenai masalah rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen,” jelasnya di hadapan ratusan wisu­dawan. Pada wisuda kali ini, sebanyak 206 orang menerima kelulusannya yang berasal dari Fakultas Kedokteran sebanyak 160 orang dengan rincian 117 Sarjana Kedokteran dan 43 orang dokter. Kemudian 25 orang dari Fakultas Kedokteran Gigi, 20 orang dari Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Ke­sehatan Masyarakat, dan satu orang Ahli Madya Radiografi Jurusan Radiografi.

Untuk jumlah lulusan sendiri, hingga saat ini sudah mencapai 9.258 orang lulusan, terdiri dari 1.363 orang SKG, 1.036 orang dokter gigi, 2.396 orang S.Ked, 1.635 orang dokter, 910 orang sarjana Kesehatan Masyarakat, 631 orang Sarjana Ekonomi, 862 orang Ahli Madya Kebidanan dan 425 orang Ahli Madya Radiografi. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 Desember 2019 - 14:52:00 WIB

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terkait berita yang terlanjur beredar di sejumlah media terkait polemik yang terjadi di Universitas Taman Siswa, mahasiswa Universitas Taman Siswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa me.
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 11:24:00 WIB

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah PADANG, HALUANHALUAN.COM -- Aksi bakar ban mewarnai aksi unjuk rasa warga di Jalan By Pass, Padang, Jumat (26/1) siang ini. Tak hanya itu. Seribuan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tigo Sandiang juga mengusir puluh.
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:44:31 WIB

    UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia

    PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dar.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:49:44 WIB
    PENGUKUHAN DAN RAKERNAS I DPP IKA UNAND 2016-2020

    Alumni Etalase Universitas

    Alumni Etalase Universitas PADANG, HALUAN — Alum­ni merupakan etalase sebuah universitas. Kebe­radaan alumni akan sangat berpengaruh dalam kema­juan universitas. Berkem­bang atau tidaknya univer­sitas akan ditentukan oleh ujung tombaknya, yaitu .
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:54:23 WIB

    Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia

    Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia PADANG, HALUAN—Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Rabu (17/8) mengumumkan 12 perguruan tinggi teratas di Indonesia dan Universitas Andalas masuk rangking 11 dari ribuan perguruan tinggi negeri dan swasta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]