Sumbar Urutan 23 Pengguna Narkoba


Senin, 25 April 2016 - 03:54:34 WIB
Sumbar Urutan 23 Pengguna Narkoba

PADANG, HALUAN— Sumatera Barat pada tahun 2015 berada pada urutan 23  pengguna narkoba dari 34 provinsi di Indonesia.  Dari jumlah penduduk Sumbar yang berumur 10 sampai dengan 59 tahun yakni 3.664.900 jiwa, terdapat 63.352 jiwa yang terkena narkoba.

Data tersebut didapat dari kerja sama Badan Nasional Narkotika (BNN) Pusat dengan  Pusat Penelitian Kesehatan (Pus­litkes) Universitas Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Raymond usai pelaksanaan gerak jalan santai anti Narkoba yang dilepas oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Pantai Purus, Padang, Minggu (24/04).

Lebih rinci, Raymond me­nam­bahkan jumlah tersebut diba­gi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu : Pekerja (PNS, TNI/Polri, swasta), pelajar dan mahasiswa, pengangguran dan ibu rumah tangga.

“Untuk pekerja mencapai angka 22.174 jiwa, sedangkan pelajar dan mahasiswa 20.906 jiwa serta pengangguran dan Ibu Rumah Tangga 20.272 jiwa,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayit­no menyatakan pentingnya sosia­li­sasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Terutama di lingkungan terdekat yakni ke­luarga.

“Peran orang tua dan keluar­ga sangatlah vital. Karena dalam keseharian anak-anak dan keluar­ga kita selalu berkomunikasi dengan keluarganya” ujarnya.

Irwan Prayitno juga menying­gung pentingnya peran agama dalam mengatasi hal tersebut. Karena selain faktor keluarga, agama adalah benteng terkuat dalam diri seseorang.

“Setahu saya tidak ada satu­pun agama yang membolehkan seorang manusia untuk meng­gunakan barang maksiat tersebut” sebutnya.

 Selain itu, Gubernur juga menghimbau kepada seluruh masyrakat Sumatera Barat agar terus memerangi narkoba, se­hingga kita semua mendapatkan kebaikan serta kesehatan jasmani dan rohani.

Angka penyalahgunaan nar­koba di Indonesia memang cukup tinggi. Dari pendataan yang per­nah dilakukan BNN ada 2,2 persen atau sekitar 5 juta pen­duduk Indonesia melakukan penyalahgunaan narkoba.

Untuk urutan pertama dan kedua daerah pengguna narkoba terbanyak yakni DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Ketiga Su­matera Utara. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]