PAUD Telkom Wakili Sumbar Lomba UKS Berprestasi 2016


Senin, 25 April 2016 - 12:59:04 WIB

PADANG, HALUAN —Aw­al bulan Mei 2016 yang akan datang, TK, PAUD Telkom akan membawa nama Sum­bar untuk mengikuti lomba TK, PAUD Unit Kesehatan Se­kolah (UKS) berprestasi di tingkat nasional. Setelah sebe­lumnya, mendapatkan juara satu pada tingkat provinsi.

Kepala TK, PAUD Tel­kom Padang Irma Candra Dewi mengatakan, untuk sampai pada prestasi saat ini banyak pihak yang terlibat mensukseskannya mulai dari jajaran orangtua murid, guru, pihak yayasan, dan sejumlah instansi peme­rintahan yang memberikan dukungan secara penuh.

“Yang tidak kalah pen­ting adalah dukungan dari masyarakat sekitar, ter­ma­suk juga dukungan RT, RW hingga Pemko Padang. Ka­rena sekolah sehat tidak bisa dikerjakan sendiri tapi ber­sama-sama,” ujarnya, Ming­gu (24/4).

Ia menjelaskan, TK Tel­kom sudah mengikuti lom­ba sejak dari tingkat keca­matan 2014 hingga mengi­kuti lomba di tingkat kota dan mendapatkan juara. Tidak hanya sampai disitu, di tahun 2015 TK Telkom juga mendapatkan juara 1 di tingkat provinsi.

Menurutnya, sekolah sehat bukan hanya untuk dilombakan, tapi menjadi karakter bagi para siswa. Misalnya, dengan cara me­m­biasakan siswa untuk me­m­buang sampah pada tem­pat­nya, menjaga kebersihan, mencuci tangan, gosok gigi yang sudah dibudayakan oleh anak.

Di sekolah semua siswa juga diperkenalkan dengan berbagai tanaman obat, ser­ta fungsinya. Pihak sekolah juga mengaktifkan peran dokter kecil, yang nantinya akan membantu siswa yang lain.  Contohnya, kalau ada te­man­nya yang jatuh dokter kecil akan membantu me­ngam­bilkan obat atau te­na­man yang ada di lingkungan UKS.

TK, PAUD Telkom juga dijadikan sekolah per­con­to­han di Padang, dan untuk pembelajaran juga sudah memakai kurikulum 2013 model pembelajaran sentra. Tidak hanya percontohan bagi Padang, tapi TK, PAUD Telkom juga jadi per­con­tohan bagi sejumlah pro­vinsi lainnya, bahkan dari luar negeri.

“Sebelumnya ada studi banding dari luar negeri seperti Malaysia, Palem­bang, Bengkulu, dan Kali­mantan Selatan. Kabarnya Mei nanti juga akan ada studi banding dari Palem­bang ke sini, dan pada tang­gal 17 nanti 32 kepala Tel­kom yang tersebar di In­do­nesia juga akan melakukan kunjungan ke sini,” ulasnya. (h/rin)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:33:41 WIB
    BERANTAS CAMPAK DENGAN CPC

    Petugas Puskesmas Sasar TK/PAUD

    PADANG, HALUAN — Dalam upaya memberantas campak di tanah air, peme­rintah mengadakan Crash Program Campak (CPC) 2016 serempak pada 1-14 Agustus 2016..
  • Sabtu, 23 April 2016 - 04:37:04 WIB

    Tahun Ini, 60 Paud akan Terakreditasi

    PADANG, HALUAN — Bidang Paudni Dinas Pendidikan Kota Padang mengajukan 60 Paud untuk terakreditasi di tahun 2016, setelah sebelumnya terdapat tujuh Paud yang sudah terakreditasi di tahun ini..
  • Sabtu, 27 Februari 2016 - 03:49:29 WIB

    Lembaga PAUD Harus Terakreditasi

    PADANG, HALUAN — Lem­baga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pen­didikan Non Formal harus terakreditasi, sehingga di­akui kualitasnya oleh ma­sya­rakat. Target semua lem­baga mulai dari PAUD, Lem­baga Kursus dan P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]