Tim Penilai DDS Kunjungi DDS MDTA Nurul Hidayah


Senin, 25 April 2016 - 13:57:53 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Dididikan Subuh (DDS) MD­TA Nurul Hidayah, Musala Darul Wustha, Kelurahan Kubu Tanjung, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (AB­TB), dikunjungi tim penilai DDS tingkat Kota Bukit­ting­gi, Minggu (24/4).

Kegiatan penilaian selain dihadiri Asisten II Ismail Djohar, Kakan Kemenag, Kabag Kesra, Lurah, LPM, dan  ninik mamak, juga diha­diri oleh pengurus Mu­shalla, beserta  para orangtua pe­serta DDS dan jamaah shalat subuh. TIM penilai DDS sela­in menyaksikan penampilan kegitan DDS  juga dilakukan dialog langsung dengan para anak didik. 

Dalam kunjungan yang dilakukan ini, tim juri DDS  yang diketuai H.Khamidir Tuanku Nan Elok dari Keme­nag Bukittinggi bersama dua orang juri lainnya, menyak­sikan langsung anak-anak tersebut dalam menampilkan kebolehan  mereka  melak­sanakan berbagai macam ke­giatan ibadah.

Mulai dari membaca kita suci Alquran beserta terje­mahannya, adzan dan iqamah, janji dan mars didikan subuh, kultum, penyelenggaraan je­na­zah sampai mensha­latkan, pembacaan ayat pendek dan hadist sampai memimpin do’a.

Asisten II H Ismail Djohar mengatakan, secara umum penyelenggaraan kegiatan DDS setiap Minggu pagi di masjid dan musala sudah ber­ja­lan dengan baik sesuai kuri­kulum yang telah ditetapkan.

Melalui kegiatan DDS ini kita bisa menanamkan nilai-nilai aqidah yang kita ha­rapkan kepada anak-anak sesuai ajaran agama. Sehingga kedepannya mereka akan menjadi generasi yang kuat dan tangguh keimanannya terhadap adanya gangguan-gangguan dalam kehidupan zaman modern seperti seka­rang ini. Terutama dapat men­cegah mereka agar tidak ikut-ikutan terjerumus pada nar­koba.

Kenyataan yang tak ter­bantahkan saat ini ujar Ismail adalah kealpaan dari sebagian anak-anak kita dalam meru­tinkan membaca Alquran setiap hari terutama setelah menjalani khatam Alquran. Hal ini tentu tidak kita ingin­kan berlangsung dari waktu ke waktu secara terus menerus.

“Oleh sebab itu, mari kita ingatkan dan ajak anak-anak kita untuk senantiasa mem­biasakan membaca kitab suci Alquran. Ini merupakan tang­gung jawab kita bersama seba­gai orangtua, guru dan masya­rakat. Mengajak tentu akan lebih efektif dengan membe­rikan contoh yang dimulai dari diri kita sendiri,” jelas Ismail.

Ia menambahkan, penye­lenggaraan DDS di Mesjid dan Mushalla yang dilak­sanakan setiap Minggu pagi dilakukan secara berkala dan berjenjang melalui evaluasi dan penilaian. Sebelumnya  DDS Masjid Jami’ Aur Ku­ning ABTB  juga telah dilaku­kan penilaiannya. DDS MD­TA Nurul Hidayah Mushalla Darul Wustha dan DDS Mes­jid Jami’ Aur Kuning mewakili kecamatan ABTB pada lomba DDS tingkat kota Bukittinggi. (h/tot)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]